oleh

Warga Jambangan Harapkan Bantuan Air Bersih

Menempuh Berkilo-kilometer Untuk Dapat Air Bersih

Grobogannews.com, Geyer. Para warga di desa Jambangan, kecamatan Geyer mengharapkan bantuan air bersih dari Pemkab Grobogan. Pasalnya, daerah tempat tinggal mereka terdampak kekeringan sejak Maret lalu. Hal ini menyebabkan para warga harus rela menempuh jalan berkilo-kilometer demi mendapatkan air bersih. Yakni di sebuah kubangan yang di tengah sungai yang berada di sebuah hutan di dekat desa mereka. Kubangan yang digali ini memancarkan air bersih yang bersumber dari mata air hutan setempat.

Sus, warga dusun Sanggrak, desa Jambangan ini mengaku harus menempuh jarak dua kilometer demi mendapatkan air bersih. Air ini nantinya dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan air minum ternaknya.

“Waktu pertama saya ambil air dari kubangan ini sekitar bulan Maret. Saat itu sumur-sumur di kampung sudah pada mengering,” kata Sus, saat ditemui grobogannews.com, Kamis (26/7/2018) siang.

Jika nantinya air dalam kubangan ini sudah habis, Sus berencana mencari air bersih lagi di dusun tetangga yang letaknya lebih jauh dari rumahnya. “Rumah saya dekat sungai, maka saya lebih memilih ambil air di sini saja. Nanti kalau kubangan ini sudah kering, tidak ada airnya, terpaksa mengambil di dusun Bugel atau Kuncen,” kata Mini.

Setiap sore, warga di daerah tersebut sudah mendatangi kubangan tersebut dengan membawa tempat penampung air seperti ember, galon air, maupun klenting (tempat air jaman dulu). “Kalau siang jarang ada yang kesini. Nanti kalau sudah agak sore baru banyak yang ke sini untuk ambil air di sini,” kata perempuan yang tinggal di dusun Sanggrak RT 10 RW 01 ini.

Sementara itu, Budi warga dusun Jambangan, mengaku setiap harinya mengambil air dari sumber air tersebut untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga seperti mencuci, mandi, dan minum ternak. “Aliran airnya sudah mulai mengecil. Nanti kalau sudah tidak keluar airnya bisa jadi membuat kubangan lagi di sepanjang sungai ini,” katanya.

Para warga di desa Jambangan ini berharap adanya perhatian dari pemerintah. “Beberapa hari lalu katanya ada bantuan air. Tapi kok sepertinya tidak merata,” komentar sebagian warga. (Tun)

Tentang Penulis: Reporter Grobogan

Gambar Gravatar
Wartawan Grobogannnews yang kredibel, ulet serta berani untuk bersuara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru