oleh

5 Manfaat Timun

-TIPS-183 views

Cucumis Sativus L., atau lebih mudahnya kita kenal dengan nama timun adalah termasuk tanaman jenis labu – labuan yang mudah ditemukan di daerah – daerah yang ada di Indonesia. Apalagi, terdapat beberapa masakan khas daerah yang menggunakan timun sebagai bahannnya. Salah satunya adalah lalapan dan juga pecel. Selain sebagai bahan makanan, timun juga bisa diolah menjadi minuman sehat agar dapat merasakan  manfaat timun yang lebih maksimal.

Kebanyakan timun dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, tanpa harus dimasak dulu. Selain agar kandungan yang di dalamnya tidak berkurang juga karena rasa timun lebih nikmat disajikan dalam keadaan masih sangat segar apalagi yang baru dipetik. Bukan hanya itu saja, selama ini timun memang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan khususnya bisa menurunkan kadar darah tinggi. Namun tidak cukup sampai di situ saja, masih ada 5 manfaat timun yang lain, berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat timun juga bisa dirasakan untuk kecantikan. Untuk itu tidak mengherankan jika banyak sekali produk kecantikan yang mengandung ari timun. Yang paling sering, timun segar yang digunakan untuk masker yang bisa dibuat sendiri di rumah. Di dalam timun terdapat kandungan vitamin E dan potassium yang baik untuk kesehatan kulit.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Selain bisa menurunkan dan mengontrol darah dalam tubuh, timun juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah karena mengandung mineral mangan yang berguna dalam proses sintesa hormon insulin di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga setiap bagian anggota tubuh dan juga organ sangatlah penting, tidak terkecuali menjaga kesehatan ginjal. Bisa menggunakan timun yang mengandung air yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal serta kantung kemih.

  1. Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker

Di dalam timun terdapat kandungan lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol yang bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel – sel kanker di dalam tubuh. Seperti kanker usus, kanker payudara, kanker rahim, dsb.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Rasa timun yang dingin dapat mengatasi peradangan pada gusi, serta dengan mengonsumsi timun dapat meningkatkan produksi air liur. Selain itu juga dapat menetralisir asam dan basa sehingga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.

Semoga dengan adanya  manfaat timun, mengonsumsi timun menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru