oleh

Dua Tuyul ‘Berkeliaran’ Di Mayahan

-WISATA-2.068 views

Dua tuyul terlihat ‘berkeliaran’ di desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Minggu petang (26/8/2018). Keduanya bukanlah tuyul sungguhan, melainkan sosok dua pria berusia dewasa yang berperan sebagai tuyul dalam kegiatan karnaval tujuh belasan yang diselenggarakan oleh warga dusun Karangpung, Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo.

Seluruh warga dusun Karangpung ikut terlibat dalam karnaval ini. Mereka menggunakan berbagai macam pakaian dengan aksesori yang menarik. Tak hanya itu, terlihat istimewa dengan adanya Kadus Karangpung, Purwanto (45) yang terlihat gagah memerankan sosok Sunan Kalijaga.

Karnaval Warga Dusun Karangpung

Terlihat juga Kades Mayahan, Saerozi (37) juga terlihat dalam arak-arakan karnaval tersebut. Ia terlihat berjalan kaki mendampingi peserta karnaval, serta sesekali bercengkerama dengan para warganya.

Tak ada gurat lelah di antara para peserta karnaval ini. Mereka terlihat semangat menempuh rute dari lapangan bola dusun Karangpung, mengitari sebagian wilayah Desa Mayahan, memutar lewat Desa Pulongrambe dan kembali ke tempat awal yakni lapangan bola di depan SDN 03 Mayahan.

Sepanjang pawai karnaval, Kadus Karangpung, Purwanto juga mengumumkan sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh warga di dusunnya antara lain, prestasi sektor pendidikan, pertanian serta wiraswasta.

Karnaval Warga Dusun Karangpung

Para warga juga dihibur dengan berbagai atraksi diantaranya grup marching band pemuda-pemudi karang taruna, serta di ikuti juga tari barong dan reog dari Komunitas Budaya dari Wirosari.

Tak hanya warga dusun Karangpung saja yang merasakan kegembiraan lewat acara rakyat ini. Seluruh warga di Desa Mayahan ini turut berpartisipasi menyaksikan acara ini.

Menurut ketua panitia, Mulyadi, acara ini digelar dengan melibatkan seluruh warga dari 5 RT di RW 3 Dusun Karangpung ini. “Semua dana yang dikeluarkan adalah swadaya warga Dusun Karangpung secara mandiri. Jika ditotal pesertanya sekitar 1000-1500 orang dari seluruh RT di Dusun Karangpung. Para penonton juga datang dari desa lain diluar Desa Mayahan ini,” kata Mulyadi.

Karnaval Warga Dusun Karangpung

Mulyadi menegaskan, kehadiran penonton dari desa lain yang ada di Desa Mayahan ini merupakan keunikan tersendiri. “Seluruh warga di desa Mayahan  ikut berpartisipasi di karnaval ini. Hal ini ditujukan sebagai pemersatu para warga Mayahan,” ungkapnya.

Meski sebentar lagi akan diadakan Pilkades, Mulyadi bersyukur acara karnaval ini berjalan dengan lancar tanpa ditunggangi kepentingan politik apapun. “Bersyukur berjalan lancar, netral dan aman meskipun satu dari balon Kades Mayahan ada di sini,” pungkas Mulyadi.

Karnaval Warga Dusun Karangpung

Berita Populer:

Komentar

Post Terbaru