oleh

Granat Nanas Peninggalan Belanda Ditemukan Warga Banjarejo

Granat Nanas Ditemukan Sugiyo Di Areal Persawahan

Grobogannews.com, Gabus. Desa Banjarejo, kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan kembali menemukan peninggalan sejarah. Kali ini, sebuah granat nanas ditemukan seorang warga yang tengah mencangkul tanah, Sugiyo (61).

Warga dusun Barak RT 02 RW 01, desa Banjarejo ini menemukan granat berdiameter 5 cm dan panjang 10 cm ini saat mencangkul tanah di areal persawahan belakang rumahnya, Minggu (12/8/2018) sekitar pukul 09.40  Saat mencangkul di kedalaman 20 cm, cangkulnya mengenai benda yang bentuknya keras. “Semula saya berpikir kalau cangkul saya mengenai batu. Ternyata, ada granat nanas,” ujar Sugiyo.

Sugiyo pun langsung melaporkan temuannya ini kepada perangkat desa setempat. Selanjutnya, laporan tersebut diteruskan ke Polsek Gabus.

Granat Nanas Banjarejo

Mengetahui informasi adanya penemuan granat tersebut, anggota Polsek Gabus langsung berangkat ke lokasi penemuan. Sesampainya di sana, petugas langsung mengamankannya untuk diserahkan langsung ke Polres Grobogan.

Kades Banjarejo, Ahmad Taufik, membenarkan jika telah terjadi penemuan sebuah granat di desanya. ’’Penemuan tersebut langsung kami serahkan pada pihak kepolisian Polsek Gabus. Granat tersebut diperkirakan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu,’’ kata Ahmad Taufik, saat dikonfirmasi.

Kondisi granat saat ditemukan sudah berkarat. Selain itu, pemicu granat tersebut juga sudah rusak sehingga diindikasikan granat ini sudah tidak aktif. Seperti yang dipaparkan Kapolsek Gabus, AKP Zaenuri.

“Jika dilihat dari kondisinya, granat yang ditemukan Sugiyo ini sudah tidak aktif. Barang bukti hasil penemuan tersebut sudah kami amankan. Selanjutnya, granat ini akan kami serahkan ke Polres Grobogan dan diteruskan ke Brimob Polda Jateng untuk diamankan. Kebetulan, granat yang ditemukan sudah tidak aktif, jadi tidak diperlukan tim Jihandak untuk menjinakkan,’’ kata Kapolsek Gabus AKP Zaenuri. (hana)

Berita Populer:

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru