oleh

Inspeksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang

-LAIN-LAIN-291 views

Daop IV KAI Periksa Jalur Rawan Kabupaten Grobogan

Grobogannews.com, Gundih. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang melakukan inspeksi di jalur-jalur rawan di wilayah Kabupaten Grobogan, Rabu (8/8/2018). Seperti di titik sepanjang jalur Stasiun Gundih dan Karangsono yang pernah longsor saat musim hujan beberapa waktu lalu.

Inspeksi tersebut dilakukan langsung Kepala Daop IV Semarang, Yosita. Dari hasil pengamatannya, Yosita mengatakan titik rawan longsor terdapat pada Km 70+7/8 yakni di antara Stasiun Gundih dan Karangsono. Namun, hal itu sudah teratasi dengan adanya penguatan di tubuh rel dan bangunan pendukung ke arah sungai.

“Itu kami upayakan agar jalur tersebut tetap aman saat musim hujan. Kami sempat memantau kondisi terkini, penguatan dan pembuatan talud yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna kereta api,’’ katanya didampingi Humas DAOP 4 Suprapto.

Selain pada titik rawan, pihaknya juga memeriksa sistem persinyalan, rel dan jembatan, serta fasilitas layanan penumpang di stasiun yang dilalui jalur tersebut. Kesiapan jajaran personil di stasiun maupun penjaga palang pintu juga menjadi pusat perhatian dalam pemeriksaan ini.

Menurutnya, kegiatan inspeksi tersebut untuk melihat kondisi sarana dan prasarana jalur kereta api di wilayah Kabupaten Grobogan. Di jalur rel sepanjang 64,398 km yang terbentang dari Ngrombo – Gambringan – Gundih – Kedung Jati – Brumbung tersebut, terdapat 9 stasiun yang masuk wilayah PT KAI Daop 4 Semarang.

“Pemeriksaan ini juga dilakukan untuk meningkatkan faktor keselamatan, ketepatan waktu demi meningkatnya pelayanan pada pengguna transportasi kereta api. Dengan begitu, pengguna jasa transportasi kereta api akan meningkat,” ungkap Yosita.

Selain itu, pihaknya mengharapkan kedisiplinan para personil dan ditunjang prasarananya, baik prasarana jalur rel hingga prasarana sistem persinyalan, keselamatan perjalanan kereta api yang melintas di wilayah ini, bisa terjamin keselamatan dan kelancarannya.

Sementara itu, humas DAOP IV Semarang, Suprapto mengatakan terdapat 16 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Gundih – Brumbung setiap harinya. Dari jumlah tersebut terdiri dari 10 perjalanan KA penumpang dan 6 perjalanan KA barang.

Perjalanan kereta api penumpang yang melintas di wilayah Brumbung – Gundih di antaranya, KA Brantas jurusan Stasiun Pasar Senen – Blitar, KA Matarmaja (Stasiun Pasar Senen – Malang), KA Majapahit (Stasiun Pasar Senen – Malang), KA Kalijaga (Stasiun Poncol – Balapan Solo), dan KA Bangunkarta (Stasiun Gubeng Surabaya – Gambir).

’’Kami berharap transportasi perkeretaapian terus berkembang dan memberi kontribusi bagi pembangunan Jawa Tengah. Transportasi kereta api bebas macet, lebih cepat dan lebih nyaman,’’ ujar Suprapto. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru