oleh

Pelepasan Calhaj di Pendopo Kabupaten Grobogan

-BERITA, SOSIAL-317 views

893 Calhaj Grobogan Dilepas Bupati

Grobogannews.com,Purwodadi. Suasana khidmat menyelimuti pelepasan 893 calon jamaah haji Kabupaten Grobogan. Pelepasan tersebut langsung dilakukan Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni, Selasa (7/8/2018) pagi di halaman pendopo Kabupaten Grobogan.

“Selamat jalan. Semoga menjadi haji yang mabrur,” pesan Sri Sumarni, sesaat sebelum melepas para calon jamaah haji ini.

Selain berlangsung khidmat, suasana haru juga terasa di sela-sela menjelang keberangkatan para calon jamaah haji ini. Terutama rombongan keluarga mereka yang sengaja ikut mengantar sampai di Pendopo. Beberapa diantaranya terlihat meneteskan air mata sambil berpelukan.

Pelepasan Calhaj

Pelepasan calhaj asal Grobogan ini terbagi menjadi tiga kloter, yakni kloter 73, 74, dan 75. Untuk kloter 73 sudah dilepas pada Senin (6/8/2018) sore. Sementara kloter 74 dan 75 dilepas pada Selasa (7/8/2018) pagi dan siang hari.

Catatan Kemenag Kanwil Grobogan, calhaj Grobogan yang telah terdaftar sebanyak 900 orang. Namun, sembilan diantaranya gagal berangkat karena faktor meninggal dunia dan sakit.

Pelepasan Jamaah Haji

“Pada kloter 73, yang gagal berangkat dua orang karena meninggal dunia. Sementara kloter 74, ┬álima calon hajigagal berangkat, tiga diantaranya sudah meninggal dunia dan dua diantaranya sakit. Di kloter 75, dua orang calon haji juga gagal berangkat karena sakit. Jadi total, 893 calon haji dari Kabupaten yang diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji,” kata Plt Kepala Kemenag Kanwil Grobogan, Ali Ichwan.

Berdasarkan aturan, tambahnya, para jamaah haji yang gagal berangkat karena meninggal dunia dapat digantikan keluarganya yang hendak menunaikan ibadah haji. Sementara bagi yang sakit dapat ikut serta pada ibadah haji tahun mendatang.

Para calon jamaah haji ini umumnya sudah melakukan banyak persiapan terkait pada persiapan mental dan jasmani mereka. Persiapan itu dilakukan beberapa bulan sebelumnya agar mereka dapat menjalankan ibadah haji secara sempurna. Seperti yang dilakukan Sunarto, salah satu jamaah haji.

“Saya lakukan banyak persiapan. Kalau mental dan kesehatan saya yang melakukan sendiri. Termasuk jaga pola makan dan rajin mengaji. Kalau untuk perlengkapan banyak dibantu anak-anak,” katanya sesaat sebelum beranjak naik ke bus rombongan haji. (hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru