oleh

Semangat Karnaval Kemerdekaan HUT RI ke 73

-SOSIAL-725 views

Ada Yang Tertidur, Ada Yang Lelah, dan Ada Yang Semangat

Grobogannews.com, Purwodadi. Hari bersejarah tercatat di hari Senin dan Selasa (20-21/8/2018) siang hingga sore. Pasalnya, dua hari tersebut diadakan Karnaval Pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke 73 RI. Bertempat di depan gedung BPPKAD, Kabupaten Grobogan, ratusan pasang mata melihat prosesi karnaval yang dilepas Bupati Grobogan, Hj Sri Sumarni.

Di hari pertama, karnaval diikuti peserta dari usia PAUD hingga SMP se Kabupaten Grobogan. Sementara, di hari kedua, karnaval pembangunan diikuti peserta dari SMA hingga Umum.

Karnaval 17-an

Rangkaian karnaval ini dimulai dari garis start yakni di depan Gedung BPPKAD, Jalan S. Parman. Kemudian, dilanjutkan menuju ke Jalan DI Panjaitan, menyambung ke Jalan Hayam Wuruk, Dr Sutomo, kemudian Simpang Lima berlanjut ke Jalan R. Suprapto dan berakhir di Alun-alun Purwodadi melewati jalan MT Haryono disambung ke Jalan Suhada.

Ada hal menarik dari rangkaian karnaval pembangunan ini. Terutama di hari pertama, Senin (20/08/2018). Di hari tersebut, ratusan siswa PAUD hingga SMP harus menunggu antrian agar dapat berjalan menunjukkan atraksinya. Namun, rata-rata siswa PAUD dan TK terpaksa tertidur saat kereta yang mereka tumpangi melewati panggung kehormatan, dimana Bupati dan para jajaran FKPD duduk bersama menyaksikan jalannya prosesi karnaval.

Keunikan lain banyak terlihat di hari kedua karnaval. Para peserta berlomba-lomba memainkan atraksinya di depan Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni. Berbagai hal kreatif diusung untuk memberikan penampilan yang terbaik.

Terlihat dari penampilan para anggota Polres Grobogan. Beberapa anggota Polres menunjukkan atraksi penyergapan teroris. Atraksi yang dilakukan ini memancing antusias masyarakat. Terlebih saat para anggota polisi ini melepaskan tembakan ke udara.

Karnaval HUT RI

Keunikan lain terlihat dari atraksi yang ditampilkan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Grobogan. Terlihat drh Riyanto selaku kepala dinas mengenakan kostum ala cowboy lengkap dengan topinya. Hanya saja, sebuah delman ditungganginya dengan ditarik dua ekor sapi berukuran besar dan sehat. Kedua sapi ini mengenakan kluntung yang dikalungkan di bagian leher. Tentu saja membuat masyarakat yang menyaksikan di sepanjang jalan R. Suprapto ini banyak berkomentar.

“Wah sapinya besar. Jadi dikurbankan besok, Pak,” celoteh seorang warga.

Penampilan yang tak kalah meriah juga dilakukan Batik Carnival binaan Kejaksaan Negeri Grobogan. Dalam karnaval ini, Kejari mengusung 100 peserta Batik Carnival. Seratus peserta ini mayoritas menggunakan kebaya batik berhiaskan bunga-bunga dilengkapi sayap dan mahkota berukuran besar. Meskipun dirasa berat, namun para peserta tetap menebarkan senyuman manis kepada masyarakat penontonnya. (Hana)

 

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru