oleh

350 Jamaah Haji Kloter 74 Sudah Datang!

-PERISTIWA-530 views

Penyambutan Jamaah Haji Kabupaten Grobogan 

Sekda Grobogan, Moch Soemarsono, mengatakan jamaah haji asal Kabupaten Grobogan tiba di kampung halaman dengan selamat pada Rabu (19/9/2018) siang. Hal tersebut disampaikannya  pada saat penyambutan jamaah haji kloter 74 di halaman Pendopo Kabupaten Grobogan.

Sebanyak 350 jamaah haji tersebut merupakan kloter 74. Mereka dijemput dari Bandara Adi Soemarmo Solo dengan menggunakan tiga bus menuju Kabupaten Grobogan. Satu jamaah haji bernama Hartini Panud Sujono, warga Kecamatan Brati, tidak turut serta dalam rombongan tersebut. Hartini dinyatakan meninggal usai menjalankan ibadah di Mina, beberapa waktu lalu.

“Dari 350 jamaah di koter 74 ini, yang meninggal satu orang yaitu almarhumah Hartini Panud Sujono. Sementara jamaah lainnya selamat dan sehat sampai di rumah,” ungkap Moh Soemarsono, yang juga mengajak para jamaah lain untuk mengirim doa kepada almarhumah.

Terpisah, Petugas Kemenag Kabupaten Grobogan, Rois Kamdani mengatakan, total jamaah haji asal Kabupaten Grobogan mencapai 902 jamaah. “Namun yang berangkat hanya 893 saja. Semuanya dibagi menjadi tiga kloter yakni kloter 73 sebanyak 207 jamaah, kloter 74 ada 350 jamaah dan kloter 75 ada 340 jamaah. Tiga kloter ini tiba di Purwodadi secara bergantian pada hari Rabu (19/9/2018) ini,” kata Rois.

Jamaah Haji Kabupaten Grobogan

Rupi’ah, salah satu jamaah haji asal Brati ini, mengatakan prosesi ibadah haji yang dijalankannya bersama jamaah lain berjalan dengan tenang. Perempuan yang selama menjalankan ibadah haji menggunakan kursi roda sebagai alat untuk berjalan lantaran kondisinya yang sudah tidak memungkinkan. Meski demikian, Rupi’ah tidak merasakan cuaca ekstrim selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

“Cuaca di sana hangat. Tidak panas sekali di siang hari dan juga tidak terlalu dingin di malam hari. Dan hujan pun turun hanya tiga kali,” kata Rupi’ah yang berangkat bersama suaminya ini. Namun, ia merasa sedih ketika mendengar Hartini, yang juga tetangga satu desanya meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Mina.

“Yang meninggal Bu Hartini. Masih tetangga. Meninggal setelah selesai menjalankan ibadah di Mina,” katanya. Dalam kesempatan itu, Moch Soemarsono mengajak serta para jamaah haji untuk meluangkan waktunya sejenak untuk mendoakan almarhumah Hartini. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru