oleh

7 Manfaat Buah Mengkudu

-TIPS-3.592 views

Mengkudu merupakan buah asli dari daerah Asia Tenggara, yang memiliki bentuk agak lonjong dengan tekstur bintik – bintik dan kulitnya yang licin. Dengan baunya yang khas dan kuat, banyak yang tidak menyukainya meski terdapat manfaat buah mengkudu yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Mengkudu sendiri sering dimanfaatkan dengan diolah menjadi sayur, rujak, hingga menjadi minuman.

Ternyata di dunia terdapat banyak sekali jenis mengkudu, hingga mencapai 80 jenis. Hanya saja yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan didapatkan   hanya 20 jenis. Beruntung kita tinggal di Indonesia yang menjadi salah satu tempat buah mengkudu tumbuhdan bisa merasakan manfaatnya. Dan berikut penjelasan lengkapnya tentang manfaat – manfaat buah mengkudu:

  1. Memulihkan Sel – sel di Dalam Tubuh

Buah mengkudu memang sangat berguna untuk kesehatan, terutama untuk memulihkan sel – sel di dalam tubuh. Karena buah mengkudu mengandung zat terpenoid yang berfungsi dalam proses sintesis organik dalam tubuh.

  1. Menurunkan Demam

Di dalam mengkudu terdapat antivirus yang dapat membantu menurunkan demam, meredakan batuk, dan juga mengobati pegal linu.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan scopoletin di dalam mengkudu dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit yang dapat mengganggu aktivitas harian. Karena scopoletin memiliki sifat anti – inflamasi, antijamur dan juga anti histamin yang meningkatkan mekanisme kekebalan tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Gula dalam Tubuh

Mengkudu dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh karena dapat mengendalikan kadar glukosa. Selain itu juga karena sifat buah mengkudu sebagai penurun kadar gula.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam buah mengkudu juga mengandung antioksidan yang tinggi, untuk membantu mencegah sel – sel kanker berkembang di dalam tubuh.

  1. Mengurangi Rasa Stress

Rasa stress memang tidak bisa jauh – jauh dari manusia, apalagi setelah melakukan banyak aktivitas yang padat dan menguras banyak tenaga. Dengan mengonsumsi jus buah mengkudu membantu mengurangi kadar stress dalam tubuh.

  1. Mencegah Risiko Terserang Stroke

Kandungan antioksidan dan juga anti – inflamasai dalam buah mengkudu terbukti mengurangi risiko kerusakan dalam tubuh akibat serangan stroke.

Walaupun baunya banyak tidak disukai banyak orang, 7 manfaat buah mengkudu ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Harus tetap dimanfaatkan untuk kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru