oleh

8 Gerbong KA Anjlok!

-PERISTIWA-313 views

Anjlok Di Jalur Rel KA Tengah Persawahan

Peristiwa kecelakaan yang melibatkan kereta api kembali terjadi di Kabupaten Grobogan. Kali ini, 8 Gerbong Kereta Api mengalami anjlok di jalur rel KA Km 48+1 jalur hilir antara Stasiun Sedadi-Stasiun Karangjati, Senin (24/9/2018).

Dari informasi yang dihimpun grobogannews.com, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.15 WIB. Beruntung tidak ada petani yang tengah beraktivitas di tengah persawahan yang kebetulan dekat dengan lokasi terlemparnya delapan gerbong. “Saya sudah cek ke lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Untungnya, saat kejadian tidak ada petani yang bekerja di sawah,” tutur Mohadi, Sekretaris Desa Karangwader.

Peristiwa bermula saat KA Barang bernomor perjalanan 2709 ini melintas dari arah Surabaya menuju ke Jakarta. Saat sampai di jalur Km 48+1, tepatnya di Desa Karangwader, Kecamatan Penawangan, delapan rangkaian gerbong terakhir KA keluar dari rel. Beberapa roda baja berceceran di sekitar lokasi kejadian tersebut.

Rangkaian Kosong Alias Tanpa Muatan

Menurut Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto, KA barang yang mengalami kecelakaan ini dipergunakan untuk muatan semen. Dalam perjalanannya, KA Barang ini membawa 30 rangkaian kosong alias tanpa muatan. Namun, saat sampai di jalur KM 48+1, delapan rangkaian KA anjlok.

KA anjlok

Sejak siang, tampak petugas KAI dan pihak kepolisian berada di lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan. Beberapa petugas terlihat melakukan pengecekan di sepanjang jalur lokasi terjadinya peristiwa ini. Terutama dari titik awal anjloknya rangkaian KA. Terlihat pada titik awal kecelakaan ada satu ruas rel yang terlepas dan melengkung menimpa ruas rel lainnya. Selain itu, petugas lainnya mengamankan beberapa barang yang tercecer di sekitar lokasi.

Menjelang petang, loko beserta 12 gerbong KA Barang tersebut dibawa ke Semarang. Namun, adanya kejadian ini, Suprapto memaparkan para petugas tengah menormalkan jalur tersebut.

Sementara itu, untuk mengetahui penyebab kecelakaan ini, pihak KAI Daop IV belum bisa memastikannya.

“Kita masih mengumpulkan data-data valid di lokasi untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Mohon bersabar nanti kita sampaikan lebih lanjut informasinya,” kata Suprapto.

KA anjlok

Akibat kejadian ini, masyarakat sekitar berdatangan untuk melihat langsung gerbong KA yang mengalami anjlok. Tidak sedikit dari mereka mengabadikan gambar dengan ponsel masing-masing yang kemudian diunggah di akun media sosial. Jumlah masyarakat yang datang juga bertambah setelah mereka mendapatkan informasi adanya kecelakaan KA Barang ini.

“Tadi saya lihat di media sosial. Katanya ada kereta anjlok di Karangwader. Kebetulan lagi main di rumah teman di Pengkol. Dekat dengan Karangwader. Jadi bisa lihat langsung. Ternyata yang anjlok KA Barang,” kata Adit, warga Tawangharjo. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru