oleh

DBHCT Cukup Membantu Pembangunan

-SOSIAL-229 views

DBHCT Sudah Cukup Membantu Pembangunan Kabupaten Grobogan

Kabag Perekonomian Setda Grobogan, Pradana Setiawan mengungkapkan, adanya sosialisasi mengenai Dana Bagi Hasil dan Cukai Tembakau (DBHCT) sangat bermanfaat bagi para petani tembakau di Kabupaten Grobogan. Pria yang akrab disapa Danis ini mengharapkan para pimpinan OPD terkait beserta petani tembakau mengetahui dengan jelas peraturan perundang-undangan di bidang cukai.

 

“Selama ini pemerintah telah menerima dana cukai cukup besar tiap tahunnya. Dengan dana tersebut, sudah cukup membantu program pembangunan di Kabupaten Grobogan,” ucap Danis, sapaan akrab Pradana Setiawan.

 

Ia juga mengajak kepada pihak-pihak terkait memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan terkait penggunaan dana cukai tersebut.

 

Beberapa waktu lalu, Bea Cukai Semarang menggandeng Pemkab Grobogan menggelar sosialisasi mengenai ketentuan penggunaan DBHCT beserta konsekuensi dari pelaksanaannya. Dalam kegiatan ini, hadir Kabag Perindag dan UKM Biro Perekonomian Provinsi Jateng, Safitri Handayani. Hadir juga perwakilan dari sejumlah dinas terkait, kecamatan dan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Grobogan.

 

Bea Cukai Wilayah Semarang sendiri telah lama mempunyai komitmen untuk memberantas rokok tak bercukai yang selama ini beredar di masyarakat. Harapannya, pemberantasan rokok illegal tersebut dapat meningkatkan penerimaan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCT). Hal tersebut disampaikan langsung, Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Iwan Hermawan, Kamis (6/9/2018).

 

Menurut Iwan, Pemda dan Bea Cukai mempunyai tanggung jawab dan saling mendukung guna mengoptimalkan penerimaan bidang cukai maupun konsekuensi dari hal tersebut. Untuk mewujudkan sinergitas itu, Bea Cukai Semarang siap melakukan kerjasama dalam kegiatan-kegiatan pengelolaan DBHCT dan Pajak Rokok yang disinergikan melalui kegiatan sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat luas.

 

“Sinergitas Pemda dan Bea Cukai untuk memberantas rokok illegal perlu ditingkatkan lagi. Hal ini dikarenakan beredarnya rokok illegal ini sangat merugikan negara. Kami harap komunikasi dan hubungan kerjasama dengan Pemda semakin meningkat,” kata Iwan. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru