oleh

Ditinggal Menjenguk Saudara, Rumah Ludes Terbakar

-PERISTIWA-331 views

Diduga Karena Korsleting Listrik

Telah terjadi peristiwa musibah kebakaran pada petang kemarin, Sabtu (15/09/18) sekitar pukul 19:20 WIB di desa Plosorejo – kec  Tawangharjo. Diketahui dua rumah warga ludes di lalap si jago merah, menyisakan puing – puing. Bahan bangunan rumah yang terbuat dari kayu dan bambu mempercepat rembetan api.

Bersyukur tidak ada korban jiwa pada saat kejadian. Karena seluruh penghuninya sedang keluar rumah, sehingga rumah dalam kondisi kosong.

Kebakaran hebat tersebut diketahui menimpa rumah dari mbah Lasmo (75) dan mbah Jami (70), yang terletak di dusun Nuso – Plosorejo RT 01 / RW 03, kecamatan Tawangharjo – kabupaten Grobogan, Jawa – Tengah.

Seluruh Warga Berusaha Menolong

Seorang saksi mata, Narno (53) mengaku sempat melihat awal mula kobaran api yang berasal dari dalam rumah. Titik pertama api berkobar terlihat di ruangan tengah, dugaan awal pemicu kobaran api tersebut berasal dari hubungan arus pendek / korsleting listrik .

Damkar Grobogan

” Semua warga yang melihat seketika langsung berkerumun di lokasi kejadian. Awalnya hanya mengandalkan ember saja untuk memadamkan api. Juga ada yang membantu mengeluarkan barang-barang di dalam rumah,” ujar seorang warga dusun Nuso lainnya, Walijo (45)

Seperti yang telah diberitakan diatas tadi, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut. Karena pada saat kejadian, rumah dalam kondisi kosong karena ditinggal oleh pemiliknya. Mbah Lasmo, sang pemilik rumah kebetulan sedang keluar rumah untuk keperluan menjenguk saudaranya.

Petugas pemadam kebakaran, dari kesatuan DAMKAR kabupaten Grobogan yang datang hanya bisa memadamkan api dari sisa – sisa puing kebakaran agar api tidak merembet ke rumah sebelahnya.

Belum Sempat Pulang

Sebelumnya dihari yang sama, kebakaran hebat juga sempat melanda hutan bambu dan pohon jati milik warga dusun Gesik – Pulongrambe. Peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Pemicunya adalah api dari sebuah ladang yang sedang dibakar untuk dibersihkan.

Kebakaran

Karena kondisi angin yang mendukung, api cepat merambat dan kemudian membesar di hutan bambu dan jati milik warga setempat yang letaknya memang bersebelahan dengan ladang atau sawah tersebut. Kepulan asap pekat kemudian mengundang seluruh warga untuk mencoba memadamkan api, namun usaha tersebut sia – sia karena api terus membesar. Bahkan para warga yang rumahnya disekitar lokasi sudah siap – siap untuk mengungsi, beruntung mobil petugas pemadam kebakaran sampai dilokasi tepat waktu. Sehingga kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh petugas dan warga sekitar.

Sebagai tambahan berikut ini kami lampirkan Nomor Resmi Damkar Kabupaten Grobogan : 0292-423202.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru