oleh

Empat Pelaku Pencuri Beras Didor Polisi

Spesialis Pencuri Beras dan Gabah

Sebanyak empat pelaku spesialis pencuri beras dan gabah terpaksa dilumpuhkan polisi saat akan melakukan aksinya di sebuah gudang penggilingan beras di Jalan Raya Penawangan, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Rabu (26/9/2018) sekitar pukul 02.00 WIB.

Keempat pelaku yakni SKD (57), IR (33), dan SHS (39). Ketiganya warga Kabupaten Jepara. Serta BD (47) warga Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Keempatnya mengakui perbuatannya telah melakukan aksi pencurian disertai pemberatan di tiga wilayah yakni di Kecamatan Godong, Gubug dan Karangrayung. Kejadian tersebut terjadi sekitar bulan April 2018 hingga bulan September 2018. Tiga pelaku sudah diamankan di Polres Grobogan. Sementara satu pelaku lainnya diamankan di Polres Kudus karena juga telah melakukan perbuatan serupa di wilayah Kabupaten Kudus.

Pelaku Pencuri Beras Didor jgKapolres Grobogan, AKBP Choiron El Atiq mengatakan, penangkapan keempat pelaku tersebut berdasarkan laporan korban yang bernama Aman Santoso, Ulbiyah dan Siti Ngatemi. “Kejadian ini sekitar bulan April sampai dengan September 2018. Pelaku mencari sasaran penggilingan padi yang tidak ada penjaganya dan jauh dari pemukiman warga diantaranya di tiga wilayah, masing-masing di Kecamatan Karangrayung, Godong dan Gubug,” papar Kapolres dalam gelar perkara di Mapolres Grobogan, Kamis (27/9/2018).

Modus operandi yang dipergunakan komplotan pencuri ini adalah dengan menggunakan gunting besi besar, untuk menggunting gembok atau kunci gudang penggilingan padi targetnya. Kemudian, keempat pelaku ini mengangkut beras atau gabah didalamnya dengan sebuah mobil pick up berwarna putih bernopol K 1932 RV.

Petugas Terpaksa Menembak

“Para pelaku berhasil kita tangkap pada Rabu, 26 September 2018, sekira pukul 02.00 WIB oleh tim Resmob Polres Grobogan. Pada waktu itu, keempat pelaku ini akan melakukan aksi pencurian lagi di pertigaan Jalan Raya Penawangan, Kecamatan Penawangan,” kata AKBP Choiron El Atiq yang pada gelar perkara ini didampingi Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Maryoto dan Kasubag Humas Polres Grobogan Iptu Puryono.

Barang Bukti

Dalam penangkapan ini, petugas terpaksa menembak kaki para tersangka karena melakukan perlawanan. Dari tangan keempat tersangka, polisi menyita barang bukti berupa, 1 buah gunting besi warna kuning; 1 buah linggis sepanjang 1 meter; 2 buah tali tampar masing-masing warna kuning dan biru; 1 buah palu warna hitam dan satu unit mobil pick up dengan nopol K 1932 RV yang dipergunakan para pelaku untuk mengangkut beras. Akibat perbuatannya, para pelaku ini dijerat dengan pasal 363 KUHP. Yaitu tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara paling lama tujuh tahun.

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru