oleh

Para Tentara Siap “Tandur” di Sawah !

-SOSIAL-371 views

Babinsa Koramil 0717/05 Siap Dampingi Petani Dalam MT-1

Masa tanam pertama (MT-1) akan dilakukan seluruh petani di Kabupaten Grobogan. Tidak terkecuali para petani yang mendapatkan saluran irigasi dengan lancar. Seperti di Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan. Di wilayah ini, para petani sudah melaksanaan pengolahan lahan yang dipersiapkan untuk masa tanam pertama. Babinsa Koramil 0717/05 Klambu mendampingi para petani di wilayah ini dengan melakukan Upsus (upaya khusus) seperti yang dilakukan Sertu Ahkmad Muntohar, Jumat (28/9/2018).

Sertu Akhmat mendampingi para petani di lahan sawah milik Suparmin (49), anggota Gapoktan Gemah Ripah. Di lahan pertanian ini tergolong produktif karena dalam satu tahun dapat ditanami padi sebanyak dua hingga tiga kali masa tanam. Kelebihan ini tidak lepas dari adanya saluran irigasi yang mengalir dari Bendungan Kletak ke sawah mereka dan ini sangat menguntungkan para petani. Terlebih untuk mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Grobogan.

Tentara Tandur

Sertu Ahkmad Muntohar mengatakan, di wilayah binaannya ini sebagian besar warganya mata pencahariannya sebagai petani. “Sehari-harinya mereka menyandarkan hidupnya dengan mengolah lahan pertanian. Dengan adanya irigasi yang lancar dan bisa diandalkan untuk mengairi sawah, mereka dapat mempersiapkan lahan lebih awal untuk ditanami padi. Di saat wilayah lain masih mengalami kekeringan, beberapa bulan ke depan di wilayah ini akan panen lebih awal juga. Jika melaksanakannya sesuai tahapan dan menerapkan langkah-langkah yang benar dalam bercocok tanam, petani akan mendapatkan harga jual gabah dan beras yang relatif tinggi. Karena itu, untuk memastikan semuanya, saya selaku Babinsa bekerja keras mendampingi petani agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan,” kata Sertu Ahkmad.

Ucapan terima kasih diutarakan Suparmin, pemilik sawah. Pria berumur 49 tahun ini mengatakan adanya saluran irigasi yang lancar ini dinilai sebagai berkah yang patut disyukurinya. “Menjadi berkah yang patut di syukuri sawahnya mendapat saluran irigasi yang lancar sehingga tidak tergantung dengan datangnya musim penghujan. Adanya saluran irigasi ini juga membuat kami sudah bisa mulai menyiapkan lahan tanam padi. Saya berterima kasih kepada TNI khususnya Babinsa yang selalu ada bersama petani dalam pengolahan lahan pertanian hinnga panen tiba,” tambah dia. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru