oleh

Penataan Trotoar Jalan R. Soeprapto

-SOSIAL-387 views

PKL Siang Keluhkan Tempat Relokasi

Menurut rencana, Jalan R. Soeprapto Kota Purwodadi, akan segera dipercantik dari segi penataan trotoar. Senin (3/9/2018) mendatang, pengerjaan proyek penataan trotoar ini akan segera dikerjakan secara bertahap yakni mulai dari sisi sebelah barat dilanjutkan ke sisi sebelah timur. Proyek yang menelan dana senilai Rp 8,25 M ini dibangun dengan bantuan dana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan dikerjakan  PT Reka Esti Utama Semarang.

Sabtu (1/9/2018) merupakan sosialisasi terakhir untuk para PKL yang berjualan di atas trotoar di sepanjang jalur jalan R. Soeprapto ini. Namun, lokasi pemindahan bagi para PKL ini diwarnai pro dan kontra dari para PKL. Untuk PKL yang pro mayoritas berasal dari para PKL yang berjualan di malam hari. Mereka setuju dengan pemindahan tersebut. Namun, PKL yang berjualan siang hari mengeluhkan tempat relokasi tersebut. Hal tersebut dilontarkan beberapa pedagang di sekitar jalur tersebut.

Jalan R. Soeprapto

Rahayu, PKL yang berjualan nasi bungkus di depan sebuah bank swasta itu mengeluhkan kurang strategisnya tempat baru yakni di area Taman Hijau Kota Purwodadi. “ Sebenarnya saya tidak setuju kalau pedagang dipindah ke sebelah Taman Kota. Menurut saya, lokasinya tidak strategis dan pembeli belum tentu mau ke sana,” kata Yayuk, sapaan akrabnya, Jumat (31/8/2018).

Hal senada diungkapkan dengan Susilo, pedagang rujak buah. Menurut dia, pembangunan trotoar untuk mempercantik Kota Purwodadi ini memang sangat bagus. “Saya setuju dengan pembangunan trotoar ini. Namun, untuk pemindahan ke sebelah Taman Kota, saya tidak setuju karena tidak strategis. Saya berharap, pemerintah bisa mencarikan tempat yang lebih baik dan strategis,” kata Susilo.

Sementara itu Hendoro, pedagang roti bakar yang kerap menggelar dagangannya di malam hari mengaku setuju dengan rencana pemindahan PKL di area Taman Hijau Kota. Menurut dia, menu makanan yang dia jual memang cocok dengan suasana malam hari. “Kalau masalah ada atau tidak ada yang beli saya tidak khawatir soalnya sekarang ada aplikasi ojek online. Pelanggan juga sudah tahu nomor telepon saya, jadi mereka tidak perlu khawatir,” ungkap Hendoro.

Sosialisasi mengenai pemindahan PKL di jalur zona merah Jalan R. Soeprapto sudah sering dilakukan Pemkab Grobogan melalui Satpol PP. Namun, hal tersebut tidak begitu diindahkan para PKL ini. Baru setelah ada rapat dan sosialisasi terakhir sebelum pembangunan trotoar yang akan dilakukan Senin pekan depan, para PKL ini harus bersiap pindah ke lokasi yang disediakan Pemkab Grobogan, yakni sebelah utara Taman Kota Purwodadi. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru