oleh

Pengentasan Kemiskinan Melalui Ekonomi Kreatif

Grobogan Expo 2018 Sebagai Sarana Mengenalkan Ekonomi Kreatif

Kabupaten Grobogan masuk dalam kategori tinggi di Jawa Tengah dalam kategori kemiskinan. Karena itu, Pemkab Grobogan melakukan berbagai cara untuk mengentaskan kemiskinan dengan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi kreatif pada para warganya. Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Grobogan, Sri Sumarni, pada saat pembukaan Expo Ekonomi Kreatif Grobogan 2018 di Alun-alun Purwodadi, Kamis (13/9/2018) siang

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini, pelaku ekonomi kreatif mampu mempengaruhi masyarakat agar berperan serta dalam kreasi maupun inovasi. Karena itu, melalui kegiatan expo dapat dipergunakan sebagai sarana mengenalkan ekonomi kreatif warga Kabupaten Grobogan.

‘’Kegiatan expo ini menjadi salah satu sarana untuk mengenalkan ekonomi kreatif yang dimiliki warga Grobogan. Dengan begini diharapkan masyarakat yang melihatnya dapat terinspirasi untuk ikut berperan serta di dalamnya,’’ katanya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setda Grobogan, Pradana Setiawan, mengatakan kegiatan expo juga menjadi sarana edukasi bagi para pengusaha ekonomi kreatif dan masyarakat. Pria yang akrab disapa Danis ini mengemukakan, segala bentuk kreativitas dapat diarahkan menuju usaha yang produktif.

‘’Kalau bisa difasilitasi serta diarahkan, masyarakat mampu menangkap maksudnya. Mudah-mudahan ekonomi kreatif ini dapat menopang perekonomian mereka. Dengan begitu, kemiskinan yang tinggi di Grobogan dapat menurun,’’ papar Danis.

Selain kegiatan expo ekonomi kreatif, pihaknya juga telah memfasilitasi Rumah Kreatif yang dikelola Dinas Koperasi dan UMKM bersama Komunitas Kreatif Grobogan. Namun, lanjut Danis, kegiatan di sana masih terfokus pada bidang kuliner.

‘’Usaha kreatif di bidang lain juga bertumbuh dan berkembang di Grobogan, seperti seni rupa, kerajinan tangan, dan desainer. Jumlah UMKM di Grobogan sendiri sudah ada sekitar 40 ribu. Akan tetapi, kami belum menggolongkannya ke jenis ekonomi kreatif. Melihat jumlah itu, sektor ini perlu dioptimalkan lagi,” tambahnya.

Kegiatan Expo Ekonomi Kreatif Grobogan 2018 merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya setelah setahun sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan yang sama. Khusus tahun ini, sekitar 120 tenda disiapkan untuk pelaku usaha kreatif, UMKM, OPD, BUMN dan BUMD di Grobogan.

Tentang Penulis: Reporter Grobogan

Gambar Gravatar
Wartawan Grobogannnews yang kredibel, ulet serta berani untuk bersuara

Komentar

Post Terbaru