oleh

Akan Naik Pangkat, 40 Anggota TNI Jalani Tes Maptajas

-LAIN-LAIN-300 views

DanLat Kapten Inf Mujiono Mengawasi Langsung Jalannya Tes Maptajas

Suasana berbeda terlihat di GOR Krida Bakti Purwodadi, Selasa (2/10/2018) kemarin. Sebanyak 40 anggota TNI Kodim 0717/Purwodadi terlihat mengenakan kaos olahraga berwarna kuning dan celana pendek berwarna hijau. Mereka melakukan berbagai gerakan olahraga seperti berlari sejauh 3.200 meter dan pull up, sit up, push up dan suhtle run.

Keempat puluh anggota TNI ini tengah melakukan tes Kesamaptaan Jasmani (Maptajas) yang ditujukan untuk mengetahui sejauh mana persiapan anggota TNI yang akan menjalani Usul Kenaikan Pangkat (UKP) dan mengambil nilai awal anggota UKP 1-04-2019. Dalam tes Maptajas ini, Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Mujiono mengawasi langsung jalannya tes tersebut. Kapten Inf Mujiono didampingi Wadanlat Kapten Arh Busono dan Pasipers Kapten Cba Aniful Murtadlo.

40 Anggota TNI Jalani Tes Maptajas

Sebelum pelaksanaan tes, para prajurit terlebih dulu melakukan pemeriksaan tensi. Hal ini diperuntukan untuk memenuhi syarat. Prajurit yang memiliki tensi normal dan memenuhi syarat dapat melanjutkan ke tes kesegaran jasmani. Sementara untuk anggota prajurit lain yang tensinya belum normal ataupun sedang sakit, pengambilan nilai dapat dilakukan di lain waktu.

 

Tes Maptajas ini sendiri dibagi menjadi dua yakni, tes kesamaptaan ‘A yaitu lari sejauh 3.200 meter dengan ketentuan kategori umur dan Kesamaptaan ‘B yakni Pull Up, Sit Up, Push Up dan Suhtle Run. Tes ini dilaksanakan ki GOR Krida Bakti. Sementara untuk tes Renang Militer (Renmil) dengan gaya dada berjarak 50 meter menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) dilaksanakan di Kolam Renang Sumber Jati Pohon, Grobogan.

 

Menurut Pasipers Kapten Cba Aniful Murtadlo kegiatan ini dilakukan untuk mengukur kekuatan prajurit Kodim 0717/ Purwodadi dalam mempersiapkan UKP. “Tidak hanya itu setiap prajurit juga wajib mengikuti tes kesamaptaan jasmani secara periodik, setahun dua kali. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus untuk mengukur kemampuan kesamaptaan prajurit secara berkala,” ujarnya.

 

Aniful juga mengatakan, para prajurit kerap meluangkan waktu untuk berlatih dan membina fisik. Tujuannya, pada saat tes UKP nantinya, nilai yang diperoleh sudah memenuhi standar. “Para Prajurit memanfaatkan waktu yang ada untuk berlatih dan membina fisik secara benar dan teratur. Hal ini dilakukan agar nantinya pada saat pelakasanaan tes kesemaptaan jasmani UKP, nilanya sudah memenuhi standard kelulusan,” katanya. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru