oleh

Angin Puting Beliung Rusak 8 Rumah Warga

Kerusakan Rumah Terjadi Dari Taraf Ringan Hingga Sedang

Angin puting beliung yang terjadi begitu cepat merusak sejumlah rumah milik warga di RT 1 RW 3, Dusun Centeng, Desa Watupawon, Kecamatan Penawangan, Selasa (16/10/2018). Bencana ini terjadi pukul 17.20 WIB dan mengakibatkan 8 rumah roboh.

Komandan Koramil Penawangan Kapt Inf Santoso mengatakan, angin tersebut datang dengan kecepatan tinggi dan merusak delapan rumah milik warga. Kedelapan rumah tersebut milik Sukarno (73), Hartono (52), Solikin (53), Suwardi (73), Sutarti (85), Jasmin (60), Suwito (53), dan Fahrul Roji (47).

Angin Puting Beliung Rusak 8 Rumah

“Kerusakan rumah terjadi dari taraf ringan hingga sedang. Kerusakan paling parah menimpa rumah Sukarno. Rumahnya tertimpa pohon dan sebagian rumahnya menjadi miring karena terpaan angin puting beliung ini,” paparnya.

Kejadian puting beliung ini bermula saat kondisi cuaca mendung pekat dari arah utara. Tiba-tiba, angin kencang datang dan berputar di areal persawahan sebelah utara Dusun Centong, Desa Watupawon, Kecamatan Penawangan.

“Angin terus bergerak ke pemukiman warga. Rumah Sukarno yang paling dekat dengan area persawahan menjadi rumah pertama yang terkena angin puting beliung ini. Angin terus bergerak ke timur dan menerjang tujuh rumah lainnya. Yang paling parah menimpa rumah yang dekat dengan area persawahan,” tambahnya.

Kerusakan rumah yang cukup parah ini mengakibatkan keluarga Sukarno harus mengungsi di rumah tetangganya semalam. Keesokan harinya, (Rabu 17/10/2018-red) kita bersihkan area bencana dan langsung diadakan perbaikan. Perbaikannya dilakukan secara bergotong royong,” ungkap Kapt Inf Santoso.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Grobogan, Sanyoto, menjelaskan, beragam bencana dapat mengancam warga setiap saat. Oleh karena itu, tambah dia, saat terjadi bencana, pihak BPBD langsung menerjunkan tim untuk membantu pembersihan sisa pohon tumbang yang menimpa rumah akibat angin puting beliung ini. “Selain itu, sejumlah bantuan logistic juga sudah dikirimkan kepada para korban bencana,” ungkap dia.

‘’Hari ini kami bersama TNI-Polri bekerjasama untuk membantu memperbaiki rumah warga yang rusak karena tertimpa pohon maupun gentengnya yang hilang. Kami juga sudah mengirimkan bantuan logistik untuk membantu korban bencana,” kata Sanyoto.

Komentar

Berita Terbaru