oleh

Grobogan Terima Penghargaan STBM 2018

-KESEHATAN-124 views

Dideklarasikan Langsung Oleh Menkes RI

Pada tanggal 31 Mei 2016, Kabupaten Grobogan dinyatakan ODF (Open Defecation Free). Atau dengan kata lain sebagai Kabupaten bebas buang air besar sembarangan. Predikat ini dideklarasikan langsung oleh Menkes RI, Dr dr Nila Juwita Moeloek, SpM.

Dengan adanya komitmen serta kerja sama, antara masyarakat Kabupaten Grobogan bersama pemerintah. Dan juga pihak swasta untuk mempertahankan predikat tersebut, Kamis (18/10/2018). Maka Kabupaten Grobogan terpilih menjadi salah satu dari 23 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Sebagai penerima Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Moeloek SpM. Kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni melalui Asisten II Setda Grobogan, Ahmadi Widodo MT di Auditorium Siwabessy, Jakarta.

Ahmadi Widodo yang didampingi Kabag Humas Setda Grobogan, Teguh Harjokusumo. Serta unsur Dinas Kesehatan Grobogan ini mengatakan, pencapaian prestasi ini tidak lepas dari peran serta pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta dalam meningkatkan kualitas jamban sehat di Kabupaten Grobogan.

Grobogan Terima Penghargaan STBM 2018

“Pencapaian prestasi ini tidak lepas dari peran serta pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta. Status ODF yang disandang Kabupaten Grobogan memberi konsekuensi kepada kita semua bahwa di tahun berikutnya tidak hanya akses sanitasi saja, tetapi bagaimana meningkatkan kualitas jamban sehat semi permanen menjadi jamban sehat permanen,” jelas pria yang akrab disapa Widodo ini.

Adanya penghargaan STBM berkelanjutan ini, tambah Widodo, diharapkan dapat memberikan semangat kepada masyarakat Kabupaten Grobogan agar dapat meningkatkan pelaksanaan pilar selanjutnya.

“Pelaksanaan pilar selanjutnya dalam STBM yaitu program mencuci tangan dengan sabun, penggunaan air minum atau memasak dan kebutuhan rumah tangga lainnya, pengelolaan sampah rumah tangga serta pengelolaan limbah cair rumah tangga,” lanjut dia.

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru