oleh

Inspektur Upacara Pakai Sarung! Ada Apa?

-PENDIDIKAN-262 views

Memperingati Hari Santri Nasional

Suasana berbeda di Lapangan Kecamatan Grobogan, Senin (22/10/2018) pagi menjelang siang. Tampak, seorang pria mengenakan sarung lengkap dengan baju koko dan pecinya berdiri di atas podium. Ya, pria tersebut bernama Nurwanta, Camat Grobogan. Kehadirannya di atas podium upacara untuk menjadi inspektur upacara dalam rangka Hari Santri Nasional.

Hal yang sama dilakukan ratusan santri dan santriwati. Mereka mengenakan pakaian khas santri pesantren, yakni dengan menggunakan baju koko, sarung dan peci bagi santri putra. Serta jilbab dan gamis bagi santri putri. Acara tersebut pun berlangsung lancar dan khidmat.

Upacara Hari Santri Nasional

Upacara Hari Santri Nasional 2018 ini digelar sama dengan upacara bendera biasanya. Yang membedakan, dalam kegiatan ini juga diisi dengan pembacaan resolusi jihad dan deklrasi ikrar santri. Dalam ikrar tersebut, para santri yang mayoritas berasal dari pesantren-pesantren yang ada di Kecamatan Grobogan serta anggota ormas Banser dan Ansor itu mengucapkan janji setia terhadap Asas Pancasila dan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika.

Di era milenial ini, para santri diharapkan menjadi santri yang cerdas. Begitupun dengan para ulama  agar berperan serta dalam mengisi pembangunan bangsa. Hal tersebut seperti yang dikatakan Harsono, Ketua PAC Grobogan.

“Diharapkan dengan kegiatan hari santri ini, para santri milenial mampu meneladani perjuangan para ulama dalam mengisi pembangunan bangsa dan para santri juga diharapkan menjadi santri yang cerdas dalam bermedia dan antihoax,” kata dia.

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru