oleh

Tari Kolosal Nyi Ageng Serang, Wakili Grobogan HUT TNI Ke 73

Tampil Dimalam Resepsi Peringatan HUT TNI Ke 73

Meskipun persiapan untuk tampil di depan para tamu undangan dalam peringatan HUT TNI Ke 73 , namun ratusan pelajar dari Kabupaten Grobogan siap melaksanakan tugas melakukan tari kolosal Nyi Ageng Serang pada malam resepsi, Jumat (5/10/2018) di Lanumad A. Yani, Semarang.

Sejak Rabu (3/10/2018), ratusan pelajar yang terdiri dari siswa SMP, SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Grobogan ini sudah berada di Semarang. Mereka melakukan gladi bersih di Lanumad A. Yani. Pemilihan tari kolosal ini diambil untuk memaknai kisah perjuangan pahlawan wanita asal Kabupaten Grobogan, Nyi Ageng Serang.

HUT TNI 73

Nyi Ageng Serang, Pahlawan Wanita Asal Kabupaten Grobogan

Koordinator tari kolosal Nyi Ageng Serang, Kapten Inf. Sunoto mengatakan, sebelumnya ratusan pelajar yang merupakan Duta Kodim 0717/Purwodadi ini sudah berlatih sosiodrama dengan judul Nyi Ageng Serang. Beruntung, pihak Kodim 0717/Purwodadi dapat bekerja sama dengan para guru dan seniman serta sanggar tari yang ada di Kabupaten Grobogan, pihaknya dapat menampilkan tari tersebut.

“Namun berkat kerjasama dengan para guru serta para seniman dari sanggar yang ada di Grobogan, kami bisa menampilkan tari kolosal,” kata Kapten Inf Sunoto.

Nyi Ageng Serang sendiri merupakan pahlawan wanita asal Kabupaten Grobogan. Bersama dengan Pangeran Diponegoro, ia berperang pada zaman penjajahan melawan Belanda. Pertarungan sengit itu pun membuahkan hasil, Nyi Ageng Serang berhasil mengusir penjajah keluar dari wilayah Nusantara.

Selain menampilkan tari kolosal, ratusan pelajar ini juga menampilkan beberapa macam kebudayaan asal Kabupaten Grobogan. Ini ditujukan untuk memperkenalkan Kabupaten Grobogan di hadapan para tamu undangan tersebut.

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru