oleh

36 Rumah Roboh! Angin Puting Beliung “Ngamuk” di Awal Musim Penghujan

-PERISTIWA-749 views

Bencana rumah roboh dan pohon tumbang terjadi akibat angin puting beliung di Kabupaten Grobogan. Empat kecamatan dilaporkan mengalami kerusakan mayoritas akibat angin kencang tersebut. Yakni di kawasan Gabus, Kradenan, Tawangharjo serta Wirosari.

Angin puting beliung ini terjadi sejak Jumat (16/11/2018) sore dengan ditandai hujan deras disertai angin kencang. Angin kencang ini kemudian membuat pusaran hingga akhirnya mengakibatkan angin puting beliung. Dari data BPBD Kabupaten Grobogan, sebanyak 36 rumah dilaporkan roboh. Diantaranya, di wilayah Kecamatan Gabus. Yakni di Desa Nglinduk (10 rumah), Desa Sulursari (2 rumah), Desa Tlogotirto (7 rumah), Desa Keyongan (2 rumah) dan Desa Pandanharum (2 rumah).

Sementara di Kecamatan Kradenan dilaporkan sejumlah rumah di empat desa juga ikut roboh akibat angin ini. Masing-masing dua rumah roboh terjadi di Desa Tanjungsari, Desa Pakis, dan Desa Rejosari. Sementara di Desa Crewek dilaporkan empat rumah roboh. Sementara di Kecamatan Tawangharjo,  rumah roboh tepatnya di Desa Kemadohbatur sebanyak dua rumah dan tiga rumah di Desa Godan.

Angin Puting Beliung

Ribuan rumah juga dikabarkan mengalami kerusakan dari tingkat ringan hingga sedang. Beberapa pohon tumbang dan menimpa bangunan rumah seperti di Kelurahan Kunden, Kecamatan Wirosari. Empat pohon berukuran besar juga tumbang di Jalan Raya Wirosari-Ngaringan, Pertigaan Ketapang Kecamatan Grobogan, Jalan Raya Wirosari-Kradenan serta depan Posko Damkar Wirosari.

Sudah Ajukan Bantuan Ke Pemprov Terkait Bencana Angin Puting Beliung

Untuk menanggulangi bencana Angin Puting Beliung tersebut, Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih sudah mengusulkan permohonan bantuan ke Pemprov Jateng. Sesuai dengan regulasi, pengajuan bantuan bisa dilakukan jika mengakibatkan kerusakan lebih dari lima rumah.

‘’Kami sudah menyalurkan bantuan logistik dari BPBD Kabupaten Grobogan. Kami juga sudah melakukan aksi sosial membersihkan puing-puing rumah roboh bersama sukarelawan dan instansi lainnya serta masyarakat setempat,” jelas Endang, yang sebelumnya berdinas di sebagai Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Grobogan tersebut.

Tentang Penulis: Tommy

Wartawan grobogannews.com yang independen dan sosialis

Komentar

Post Terbaru