oleh

Bursa Kerja 2018 Kabupaten Grobogan di Gedung Wisuda Budaya

-SOSIAL-587 views

Upaya Menekan Angka Pengangguran Di Kabupaten Grobogan

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Grobogan, Achmad Haryono mengungkapkan, setiap tahun muncul angka pengangguran di Kabupaten Grobogan. Jumlahnya pun mencapai ribuan orang.

Mantan Camat Penawangan ini mengungkapkan, pada tahun 2017 jumlah pencari kerja yang terdaftar sekitar 11.351 orang. Yang terbagi sesuai dengan lulusan pendidikannya, yakni 63 persen lulusan SMA, 26 persen lulusan SMP, 5 persen lulusan sarjana dan dua persen sisanya lulusan SD. Dari 11.351 orang ini, 8.043 orang yang sudah mendapatkan pekerjaan. Sementara sekitar 3000 orang lainnya belum terserap.

Achmad Haryono menjelaskan, adanya kecenderungan para pekerja yang menghendaki dapat pekerjaan secara instan. Yakni menginginkan jabatan dan upah yang tinggi. Selain itu, tidak berhasilnya ribuan orang dalam mencari pekerjaan disebabkan berbagai faktor yakni, keterampilan yang dimiliki pekerja belum sesuai dengan persyaratan. Atau jenis pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan basic pencari kerja. Salah satu upaya untuk menyerap angka pengangguran inilah yakni melalui Job Fair atau pameran bursa kerja.

Sekretaris Daerah Grobogan, Moh Soemarsono, berkesempatan untuk membuka Bursa Kerja 2018 yang diselenggarakan di Gedung Wisuda Budaya, Senin (25/11/2018). Job fair ini diadakan selama dua hari hingga Selasa (27/11/2018) dan diikuti 30 perusahaan, baik dari Kabupaten Grobogan hingga luar daerah.

Dalam sambutannya, Moh Soemarsono mengungkapkan, jumlah pencari kerja di Kabupaten Grobogan setiap tahun masuh cukup besar. Dari jumlah tersebut, sekitar 63 persen saja yang mampu diserap. Soemarsono pun berharap dengan adanya bursa kerja ini, angka pengangguran dapat ditekan jumlahnya.

“Job fair ini diikuti 30 perusahaan dari Kabupaten Grobogan dan luar daerah. Ada sekitar 12.500 lowongan. Jadi, adanya job fair ini kita harapkan dapat menekan angka pengangguran,” tambah Moh Soemarsono.

Komentar

Berita Terbaru