oleh

Kawasan Pedagang Kaki Lima Taman Hijau Hampir Jadi

Proyek Penataan Kawasan Pedagang Kaki Lima di dekat Taman Hijau Kota Purwodadi telah mencapai 90 persen. Kawasan yang nantinya menjadi tempat relokasi sebagian pedagang kaki lima di Jalan R Soeprapto itu dibangun dengan 50 kios.

‘’Total jumlahnya lima blok nanti. Tiga blok masing-masing 10 kios. Sementara, yang dua blok, yakni delapan kios dan 12 kios. Capaiannya sudah sekitar 90 persen,” kata Aditya.

Ditambahkan, penataan PKL ini dengan menggunakan dana senilai Rp 500 juta yang dianggarkan dari APBN melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Proyek penataan wilayah ini dikerjakan CV Matrix dan dijadwalkan selesai pada 29 November 2018.

Fasilitas Penunjang Belum Tersedia

Terkait dengan kegiatan penataan kawasan PKL ini, Kasie Pengawasan, Pemeriksaan dan Penilaian Kesehatan Bambang Riyanto mengungkapkan proyek ini sebenarkan akan dikerjakan berbarengan dengan kegiatan Taman Kuliner dan Taman Revolusi Mental Simpang Lima Purwodadi. Namun, pelaksanaannya gagal karena dalam pelelangan tidak mendapatkan pemenang tender yang berakibat tidak adanya fasilitas penunjang kelengkapan pembangunan kios PKL tersebut. Rencananya, tahun 2019 mendatang akan dilelangkan kembali proyek tersebut.

‘’Anggaran tersebut hanya untuk pembuatan kiosnya saja. Untuk fasilitas lainnya, ada di kegiatan Taman Kuliner dan Taman Revolusi Mental yang kewenangannya di Dinas Lingkungan Hidup Grobogan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nugroho Agus Prastowo membenarkan lelang kegiatan Taman Kuliner dan Taman Revolusi Mental Simpang Lima Purwodadi yang gagal mendapatkan pemenangnya. Pihaknya akan melelangkan kembali pada 2019 mendatang.

‘’Semoga kegiatan tersebut terlelangkan pada 2019 nanti. Syukur-syukur bisa dikerjakan di awal tahun, sehingga bisa segera dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Penataan Kawasan PKL serta pembangunan taman kuliner dan taman revolusi mental Simpang Lima Purwodadi ini rencananya dipergunakan sebagai tempat relokasi PKL yang berdagang di kawasan Jalan R. Soeprapto, Dr. Soetomo dan Bundaran Simpang Lima. Dari yang terdata, total PKL ketiga lokasi tersebut sebanyak 270 pedagang. Dari 270 PKL ini, 70 diantaranya sudah pindah ke Pusat Kuliner Purwodadi yang berada di ex Pasar Pagi. Sementara sisanya akan menempati dua lokasi yang pembangunannya belum selesai.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru