oleh

Ormas Islam Bersatu, Indonesia Maju

-PENDIDIKAN-1.622 views

Ormas Islam dan Forkopimda Blora Siap Wujudkan Kondusifitas Daerah

Pemerintah Kabupaten Blora bersama Organisasi Masyarakat Islam di Kabupaten Blora menyatakan siap akan mewujudkan iklim kondusif di tanah Blora. Hal tersebut diungkapkan dalam Silaturahmi antarormas Islam dengan jajaran Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di rumah dinas Bupati Blora, Jumat (2/11/2018) lalu.

Kegiatan silaturahmi ini dimaksudkan sebagai sikap atas insiden yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat bertepatan Hari Santri Nasional, Selasa (22/11/2018) lalu. Dimana, insiden tersebut berujung pada keresahan umat Islam dan maraknya berita hoax.

Dalam sambutannya, Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh ormas Islam di Kabupaten Blora yang meluangkan waktunya hadir dalam acara bertema “Ormas Islam Bersatu, Indonesia Maju” tersebut.

“Berdasarkan pertemuan Forkopimda dengan para pimpinan Ormas Islam di Kantor Kemenag beberapa waktu yang lalu, telah disepakati dan ditandatangani tiga sikap yang akan dilakukan untuk menjaga iklim kondusif. Pertama, sepakat menjaga kondusifitas Kabupaten Blora agar tidak mudah terprovokasi dan terpancing isu yang memunculkan kegaduhan,” papar Bupati.

Kedua, lanjut Djoko Nugroho, Forkopimda dan Ormas Islam di bumi Blora Mustika ini sepakat akan menjaga sinergitas dengan stakeholder bersama elemen masyarakat Kabupaten Blora untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

“Ketiga, sepakat apabila ada masalah hukum harus ditangani sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” ungkap Djoko.

Hiburan Dagelan Jolang dan Ririn

Bupati berharap, masyarakat Blora yang terdiri dari berbagai ormas Islam ini untuk belajar menghargai perbedaam dam toleransi sehingga terwujudnya kebersamaan dan kerukunan antarormas Islam maupun antarumat beragama.

“Inilah Indonesia yang terdiri dari beragam perbedaan. Namun, dengan perbedaan itulah yang membuat Indonesia indah dan kuat. Kita sepakat ya, untuk tetap bersatu di tengah perbedaan organisasi demi Blora, khususnya. Dan pada NKRI,” harap Djoko.

Sementara itu, perwakilan ormas LDII Blora, Mochamad Iskak mengaku senang mengikuti kegiatan silaturahmi ini. “Acara ini bagus untuk membentuk kekompakan seluruh ormas guna bersatu menjaga keamanan Blora,” katanya.

Hiburan dagelan berupa Jolang dan Ririn yang di iringi gamelan Jawa dari Paguyuban Among Raos dan sanggar Cahyo Sumirat ini ditampilkan di akhir kegiatan tersebut. Hiburan yang sarat dengan nilai-nilai persatuan, nasionalisme dan kebangsaan ini diharapkan dapat mempererat masyarakat Kabupaten Blora untuk menciptakan iklim kondusif. (Hana)

Tentang Penulis: Hana

Penulis yang independen yang sangat mengedepankan informasi yang akurat untuk memberikan edukasi yang baik dan benar kepada mayarakat luas

Komentar

Post Terbaru