oleh

Para Camat Dihimbau Ikut Kawal Dana Pembangunan Desa

-SOSIAL-576 views

Seluruh Camat Harus Ikut Berpartisipasi

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakan dan Desa (DPMD) mengadakan Rapat Koordinasi Pendampingan Desa di sebuah rumah makan di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Senin (5/11/2018). Dalam kegiatan ini, Bupati Djoko Nugroho beserta seluruh camat se-Kabupaten Blora hadir dalam rakor tersebut.

Menurut Kepala Dinas PMD Blora, Gunadi SSos, MM melalui Sekretaris Dinas PMD, Dra Indah Purwaningsih mengatakan, penyelenggaraan rakor tersebut ditujukan untuk membangun sinergitas dalam pendampingan, perencanaan, dan pelaksanaan pembangunan desa.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengatakan, agar seluruh camat se-Kabupaten Blora ikut berpartisipasi dalam mengawal dan mengawasi pembangunan desa. Orang nomor satu di Kabupaten Blora tersebut mengatakan, partisipasi camat dalam hal ini ditujukan untuk meningkatkan pendampingan dan pengawalan proses pembangunan tingkat desa. Alasannya, besar anggaran yang digelontorkan Pemerintah ke tingkat Desa melalui Dana Desa perlu dikawal dan diawasi pada pelaksanaannya.

“Untuk memajukan desa, jangan perencanaannya saja yang didampingi tapi juga tindaklanjutnya. Desa perlu didampingi dan dipacu untuk melakukan inovasi sesuai dengan potensi apa yang ada di wilayahnya sehingga target pembangunan desa bisa tercapai,” tegas Bupati.

Namun, jika desa-desa yang sudah aktif melakukan inovasi dalam pembangunan desanya, Bupati menghimbau kepada para camat agar tetap mendukungnya. Terutama pada inovasi yang dapat memecahkan permasalahan yang ada di desa tersebut. Dengan kata lain, inovasi ini juga bisa ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa.

Kartu Kombo Juga Dikawal Agar Tidak Semrawut

Tidak hanya itu saja, Bupati juga meminta agar para camat ikut serta mengawal proses pembagian kartu kombo. Kartu yang berbentuk semacam ATM dari sebuah bank nasional ternama ini berisi voucher senilai Rp 110 ribu per bulan merupakan hak keluarga penerima manfaat (KPM) dari Program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Dengan kartu tersebut, para KPM dapat membeli beras dan telur di sejumlah warung gotong royong (e-Warong) yang sudah ditetapkan pemerintah bersama bank yang ditunjuk. “Kawal pembagian kartu kombo, jangan sampai semrawut,” tambah Bupati.

Dana Kelurahan Mulai Cair Tahun Depan

Tidak hanya desa saja yang akan mendapatkan dana yang diberikan dari pemerintah pusat untuk pembangunan. Bupati mengingatkan kepada para camat, kelurahan yang mulai tahun depan mendapatkan Dana Kelurahan agar diperhatikan secara khusus. Karena itu, ia meminta kepada para camat untuk mencari informasi tentang Dana Kelurahan tersebut seperti mekanisme atau tata cara penerimaan Dana Kelurahan tersebut. (Hana)

Komentar

Berita Terbaru