oleh

Wajib Waspada!16 Kecamatan Rawan Banjir

-BERITA, SOSIAL-530 views

Menurut Data BPBD Grobogan

Kabupaten Grobogan masuk dalam wilayah yang mengalami rawan banjir. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan, sebanyak 16 kecamatan masuk dalam peta rawan banjir. Selain itu, enam kecamatan juga rawan terjadinya longsor. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Grobogan, Endang Sulistyoningsih saat rapat koordinasi bersama instansi terkait, Senin (26/11/2018).

Dikatakan Endang, tiga kecamatan tidak masuk dalam peta rawan banjir. Yakni di Kecamatan Gabus, Toroh dan Kradenan. Namun, untuk wilayah yang berpotensi banjir dan tanah longsor, dapat mengancam 30.588 KK yang tersebar di 16 kecamatan rawan bencana tersebut.

“Selain itu, kami juga sudah siaga sarana dan prasarana yang dimiliki BPBD. Beberapa sarana dan prasarana seperti alat berat dan beberapa alat lain yang tidak kami miliki, kami sudah berkoordinasi dengan instansi lain untuk membantu, diantaranya sarana prasaran berupa truk crane atau backhoe,” kata Endang.

Ditambahkan Endang, 16 kecamatan yang masuk dalam peta rawan banjir tersebut disebabkan banyak hal. Seperti, kiriman air di kawasan pegunungan yang ada di wilayah Grobogan, yakni pegunungan Kendeng Utara dan Kendeng Selatan.

“Kondisi banjir ini bisa terjadi jika curah hujan di kawasan pegunungan sangat tinggi. Ini dikarenakan volume air kiriman yang banyak, tidak bisa ditampung ke sungai hingga akhirnya meluap ke pemukiman penduduk. Wilayah rawan banjir mayoritas berada di sekitar aliran sungai-sungai besar,” pungkas Endang. (Hana)

 

Komentar

Berita Terbaru