oleh

Guyon Maton Punakawan di GOR Bahagia

Gebyar Kreatif Seni, Ajang Unjuk Gigi Para Guru Ngaringan

Dalam rangka HUT ke 73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), para guru di Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, menggelar kegiatan yang cukup unik. Yakni kegiatan bertema seni budaya di acara puncak dengan nama Gebyar Kreatif Seni.

Berbagai bentuk seni ditampilkan di atas panggung oleh para guru di GOR Bahagia, kompleks Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Ngaringan, Sabtu (1/12/2018). Beberapa guru baik dari guru PAUD, TK, SD dan SMP se Kecamatan Ngaringan bersatu padu dalam kegiatan ini.

Pertunjukkan seni terlihat pada saat sesi Guyon Maton Punakawan yang digelar dua grup yakni dari grup guru SMPN 1 Ngaringan serta beberapan guru SD di Ngaringan. Meski latar belakang mereka adalah guru, namun di panggung ini, mereka memainkan lakon dengan kocak sehingga mampu mengocok perut tamu undangan yang hadir.

“Setelah sebelumnya kami mengadakan aneka kegiatan dalam rangka HUT PGRI ke 73 dan Hari Guru Nasional dengan berbagai lomba seperti lomba bola voli, lomba sepak takraw, dan juga lomba menulis guru. Hari ini, (Sabtu 01/12/2018-red), kami mengadakan kegiatan puncak dalam rangka HUT PGRI ke 73 yaitu kegiatan Gebyar Kreatif Seni. Di sini kami memang full seni. Yang paling inti adalah guyon maton Punakawan. Ada dua grup guru yang memainkan pertunjukkan Guyon Maton Punakawan ini. Yaitu dari guru SD dan juga guru SMPN 1 Ngaringan,” kata Nur Aksan, koordinator Gebyar Kreatif Seni ini.

Nur Aksan juga menambahkan, tidak hanya lakon Guyon Maton saja yang ditampilkan dalam kegiatan ini. Beberapa tari-tarian tradisional juga dipertunjukkan di atas panggung. Aksi unjuk gigi yang ditampilkan ini juga dimainkan para guru.

Pria yang akrab disapa Pak Nur ini mengungkapkan, tujuan kegiatan Gebyar Seni ini dilaksanakan untuk memberi kesempatan para guru se Kecamatan Ngaringan berekspresi di atas panggung.

“Harapan sebenarnya di hari ulang tahun PGRI dan Hari Guru Nasional ini yaitu dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarguru, baik itu di Kabupaten Grobogan pada umumnya dan Kecamatan Ngaringan pada khususnya. Kami juga memberikan semacam penghargaan kepada rekan-rekan kami yang sudah purna tugas di tahun 2018 ini. Meskipun hanya sederhana, kiranya bisa bermanfaat untuk rekan-rekan kami yang sudah masuk pada masa pensiun,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru