oleh

Jalur Penting Goa Lawa dan Goa Macan Rusak Parah!

-PERISTIWA-669 views

Kerusakan Jalur Diminta Agar Ditangani Segera

Hujan deras yang terjadi pada Minggu (2/12/2018) malam lalu telah menyebabkan banyak kerusakan sarana dan prasarana. Dari data yang diperoleh grobogannews.com, sejumlah tiga jalan penting mengalami kerusakan cukup parah. Tiga jalur tersebut ditemukan di Kecamatan Grobogan.

Ketiga jalan tersebut yakni di jalan desa Sedayu, desa Lebak dan Jalan Pati-Purwodadi, tepatnya di Desa Sumberjatipohon. Kerusakan paling parah terjadi di Desa Sedayu. Pasalnya, di jalur tersebut, pondasi jalan longsor sepanjang 14 meter dengan kedalaman 2,5-3 meter.

Jalur tersebut merupakan jalur penting karena mengubungkan masyarakat menuju ke tempat wisata Goa Lawa dan Goa Macan di desa tersebut. Adanya longsor pada pondasi jalan tersebut menyebabkan akses jalan menuju Goa Lawa dan Goa Macan dialihkan lantaran sangat berbahaya apabila dilalui masyarakat.

Pondasi longsor juga terjadi di Desa Lebak. Hanya saja kerusakannya belum terlalu parah seperti jalur di Desa Sedayu tersebut.

Kerusakan parah juga terjadi di jalan raya Pati-Purwodadi. Di jalur ini, tebing penahannya terkikis dan nyaris menimpa rumah warga. Jika tidak segera ditangani, maka akan membahayakan penduduk yang bermukim di sekitarnya.

Terkait hal tersebut, Sekda Grobogan, Moch Soemarsono menghimbau instansi terkait agar segera mengajukan dana tak terduga. Hal ini dimaksudkan agar penanganan kerusakan infrastruktur jalan tersebut dapat segera dilaksanakan.

“Dengan begitu, akses jalur tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat. Khususnya di jalur menuju tempat wisata Goa Lawa dan Goa Macan sebab jalur ini kerusakannya cukup parah,” katanya.

Di samping itu, Soemarsono menjelaskan dana tak terduga ini dipergunakan untuk penanganan darurat saja. “Untuk penanganan permanen nanti, pihak terkait yang akan melakukannya,” papar Soemarsono.

Terpisah, Kabid Pembangunan Peningkatan Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Grobogan, Erry Subagyo memaparkan, jalur tersebut akan diusulkan penanganan seperlunya untuk keamanan lalu lintas. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengingat jalur tersebut merupakan jalan provinsi.

“Kami akan melakukan pengajuan dana tidak terduga untuk menangani kerusakan jalan tersebut. Dikarenakan jalan tersebut bukan jalan kabupaten, maka kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait,” papar Erry.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru