oleh

Parkirkan Kendaraan Di Trotoar Kena Tilang!

-HUKUM-282 views

Dalam rangka upaya optimalisasi kawasan tertib lalu lintas (Kamseltibcar) di wilayah perkotaan Purwodadi, Rabu (19/12/2018) diadakan kegiatan penindakan terhadap para pengendara yang melakukan pelanggaran di kawasan zona merah, Jalan R. Soeprapto.

Petugas gabungan dari Satlantas Polres Grobogan bersama Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan menggelar kegiatan tersebut. Beberapa pelanggaran terlihat di jalur R. Soeprapto bagian selatan. Tepatnya di sekitar Pom Bensin R. Soeprapto hingga depan Pengadilan Negeri Purwodadi.

Melanggar UU LLAJ Pasal 285 Tahun 2009

Pelanggaran terjadi umumnya terlihat pada para pengendara mobil yang memarkirkan kendaraannya di sisi barat. Padahal, aturan yang berlaku parkir kendaraan roda empat atau lebih hanya dapat dilakukan di sisi timur. Polisi pun langsung menindak para pemilik kendaraan tersebut karena dianggap melanggar UU LLAJ pasal 285 Tahun 2009.

Parkirkan Kendaraan Di Trotoar Kena Tilang

“Hari ini, kami dari Satlantas Polres Grobogan bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Grobogan menggelar giat penindakan kawasan tertib lalu lintas di Jalan R. Soeprapto. Dari hasil penindakan, terdapat 40 pengendara yang melanggar. 13 pengendara melanggar UU LLAJ pasal 285 Tahun 2009. Sementara 27 pengendara lainnya melanggar UU LLAJ pasal 275 Tahun 2009,” ungkap Kasatlantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa melalui Kanit Turjawali Ipda Joko Susilo.

Prio, seorang pengendara mobil mengakui kesalahannya. Ia pun akhirnya menelan nasib ditilang petugas. Menurutnya, jalur sisi barat juga sudah dibuat untuk kantong parkir mobil. “Saya pikir dengan dibuat satu arah, di sisi barat juga dapat dibuat parkir selain di sisi timur,” ungkapnya.

Sementara itu 27 pengendara lainnya melakukan pelanggaran terkait penggunaan trotoar sebagai sarana parkir. Pada UU LLAJ pasal 275 tahun 2009 sudah dituliskan trotoar sebagai fasilitas utama bagi para pejalan kaki agar nyaman dan aman. Mau tak mau, para pengendara tersebut merasakan nasib apes ketika petugas melakukan penindakan kepada para pengendara yang melakukan pelanggaran tersebut.

Selain melaksanakan penindakan, petugas dari Satlantas Polres Grobogan melakukan pendataan rambu-rambu lalu lintas. “Kami lakukan Giat tersebut agar tercipta kamseltibcarlantas di wilayah Kota Purwodadi ini. Termasuk di sepanjang jalan R. Soeprapto, Purwodadi,” pungkas Ipda Joko.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru