oleh

Polisi Ajak Masyarakat Untuk Awasi Penggunaan Anggaran

-LAIN-LAIN-134 views

Polres Grobogan mengumumkan Dana DIPA Polres Grobogan pada tahun 2019 yang diterima senilai Rp 9,6 M. Dana tersebut turun dari tahun 2018 sebesar Rp 10 M. Hal itu diungkapkan Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq saat membuka Sosialisasi DIPA atau Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara / Lembaga (RKA-KL) Satker Polres Grobogan Tahun 2019 di Hall Ballroom Hotel 21 Purwodadi, Sabtu (29/12/2018).

Dijelaskan dia, anggaran tersebut lebih banyak tersedot pada belanja pegawai yakni 68 persen atau sekitar Rp 65,5 M. “Sementara untuk alokasi belanja barang yaitu Rp 28 M atau 29 persen dan tiga persen untuk belanja modal Rp 2,3 M,” papar AKBP Choiron El Atiq.

Dengan dana tersebut, kata Kapolres, pihaknya akan menghemat anggaran operasional. Hal tersebut dikarenakan kegiatan kepolisian dapat berkembang cepat sesuai dengan kondisi keuangan.

Sementara itu, Kassubag Program Anggaran Biro Rena Polda Jateng AKBP Yudi Priyono mengungkapkan, masyarakat juga diajak untuk mengawasi penggunaan anggaran kepolisian. Terutama di wilayah hukum Polres Grobogan. Dana DIPA Polres Grobogan

Masyarakat bisa ikut menyimak dan mengawasi supaya penggunaan anggaran bisa dipertanggungjawabkan. Di sini ada jajaran FKPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang kita undang dengan maksud supaya mengetahui berapa besarnya anggaran yang dimiliki Polres Grobogan tahun 2019,” katanya.

Bupati Grobogan Sri Sumarni yang ikut hadir dalam sosialisasi tersebut mengapresiasi langkah Polres Grobogan dalam rangka transparasi dan keterbukaan anggaran kepada masyarakat. “Saya berharap agar pihak kepolisian dapat mendampingi kinerja pemerintahan sehingga terjalin koordinasi dalam berbagai persoalan. Saya juga meminta agar Polres Grobogan dapat menegur jika terjadi kesalahan atau jika hendak melakukan sesuatu untuk diingatkan lebih dulu. Kami ini juga manusia biasa. Jadi nanti, kalau ada kesalahan mohon ditegur dahulu dan diingatkan. Saat ini, banyak bantuan keuangan mengalir ke desa-desa, sehingga perlu koordinasi juga dengan kapolsek,” kata Sri Sumarni.

Dalam kesempatan ini hadir juga Kasubbag Progar Ro Rena Polda Jateng, jajaran PJU Polres Grobogan, serta jajaran FKPD Kabupaten Grobogan, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan LSM dan wartawan.

Menurut AKBP Choiron, kegiatan tersebut merupakan wujud transparasi Kepolisian dalam pengoptimalan pelaksanaan kegiatan, anggaran, pengadaan barang atau jasa guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru