oleh

Wacana Grobogan Sebagai Smart City

-PENDIDIKAN-209 views

Semua Wilayah Harus Tercover Jaringan Internet

Kasi Pengembangan Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah Daerah dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemenkominfo RI, Dwi Elfrida Simanungkalit berharap bagi wilayah kabupaten/kota yang belum terlayani jaringan telekomunikasi internet harus segera dipenuhi seluruhnya. Hal ini merupakan kesiapan utama yang mutlak dilakukan untuk menuju Smart City.

Hal tersebut disampaikannya dalam sosialisasi bertajuk Masterplan Smart City di Ballroom Hotel 21 Purwodadi, Kamis (27/12/2018). Menurut perempuan yang disapa Dwi ini menjelaskan, untuk melakukan langkah ini, pemerintah setempat bisa melakukan sinergi dengan provider maupun investor terkait.
‘’Kalau masih ada kabupaten/kota masih ada wilayahnya yang belum terlayani jaringan telekomunikasi, ini harus segera dipenuhi karena jaringan telekominikasi ini menjadi sarana paling penting untuk menuju smart city. Pemerintah bisa melakukan kerjasama dengan investor atau provider,” ujar Dwi.

Selain itu, Dwi dalam penjelasannya, guna mewujudkan program tersebut beberapa hal lain juga perlu disiapkan. Hal ini penting karena peranannya yang tinggi dan kedepannya jalan pelayanan publik menjadi serba internet.

“Regulasi dan pembangunan sumber dayanya juga perlu disiapkan. Jadi, tadi infrastruktur teknologi informatika, regulasi dan pembangunan sumber daya ini menjadi penggerak. Pemerintah juga perlu menyiapkan budaya masyarakat dari luring (offline) ke daring (internet/online). Unsur-unsur dalam kabupaten/kota harus bisa berkolaborasi,” kata dia.

Hadir juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Grobogan, Anang Armunanto yang menegaskan pembangunan infrastruktur menuju smart city ini menjadi yang diprioritaskan Pemerintah Kabupaten Grobogan. Pihaknya mengakatan, rencana utama tersebut dilakukan mulai tahun 2018 sampai 2023.

“Rencana utama ini sudah dilakukan mulai tahun 2018 sampai 2023. Kami sudah mendukung dengan meminta masing-masing OPD membuat inovasi untuk mendukung terwujudnya Grobogan sebagai smart city. Dan di tahun 2020, kami akan dukung lagi untuk pencapaian dan pengembangannya,” kata Anang Armunanto.

Anang sapaan akrabnya juga mengungkapkan, rencana utama ini punya peranan penting sebagai landasan materi dan panduan pembangunan kota. Tujuan lain difokukan untuk memabantu Pemkab dalam menetapkan kebijakan, regulasi dana rah, priioritas pembangunan kota.

“Kami berprinsip, kami siap mensukseskan program ini. Apalagi, Kabupaten Grobogan sudah ditunjuk Kemenkominfo untuk menyelenggarakan Smart City. Karena itu, perlu adanya sinergitas dengan beberapa pihak. Terutama masyarakat dan swasta,” jelasnya.

Komentar

Berita Terbaru