oleh

Berlangsung Dramatis! Eksekusi Pengosongan Rumah di Desa Putat

-HUKUM-2.035 views

Eksekusi Melibatkan Petugas Gabungan TNI-Polri

Heru Setiawan Karyadi, warga Graha Candi Golf Semarang, melakukan permohonan eksekusi rumah yang telah dibelinya secara lelang kepada Pengadilan Negeri (PN) Purwodadi. Permohonan tersebut diajukannya lantaran ia tidak dapat menguasai rumah yang sebelumnya ditempati Siti Aminatun.

Pada Rabu (16/1/2019), pihak Pengadilan Negeri Purwodadi yang dipimpin Panitera Herry Istiarti, akhirnya mendatangi rumah yang berlokasi di Kampung Gebangan, Desa Putat, Kecamatan Purwodadi untuk melakukan eksekusi pengosongan rumah setelah berupaya dilakukan teguran terhadap pihak tergugat.

Eksekusi pengosongan rumah yang melibatkan petugas gabungan beberapa personil dari Kodim 0717/Purwodadi serta puluhan petugas dari Polres Grobogan ini berlangsung aman dan lancar. Meski sebelumnya, petugas mengalami kesulitan masuk ke dalam rumah lantaran pagar terkunci dari dalam. Petugas terpaksa memanggil tukang untuk menggergaji gembok karena tidak ada respon dari pihak tergugat yakni Siti.

petugas mengalami kesulitan masuk ke dalam rumah lantaran pagar terkunci dari dalam

Setelah berhasil dibuka, para petugas masuk ke dalam rumah dan menemukan Siti Aminatun di dalam rumahnya. Siti diminta keluar dari rumahnya beserta seluruh perabotan yang ada di dalam rumah berleter L itu lantaran rumah tersebut akan dikosongkan.

“Hari ini kita melakukan eksekusi atas permohonan eksekusi yang diajukan Pak Heru Setiawan Karyadi. Permohonan eksekusinya ini tertanggal 16 Januari 2018. Sebelumnya kita sudah melakukan berbagai proses sesuai prosedur. Yang pertama, kita melakukan teguran tepatnya pada 8 Februari 2018. Kemudian, tahap kedua kita lakukan penetapan eksekusi tertanggal 17 September 2018. Kemudian, finalnya kita lakukan eksekusi pengosongan rumah berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Negeri Purwodadi tertanggal 13 Desember 2018,” jelas Herry Istiarti kepada wartawan.

Dalam penjelasannya, eksekusi pengosongan rumah ini sudah lengkap dengan akta lelang yang dimiliki Heru Setiawan Karyadi atas pembelian rumah secara lelang senilai Rp 306.200.000 pada 21 Juli 2017 di hadapan pejabat lelang kelas I di Semarang. Meski ada bukti yang menguatkan sebagai pemenang lelang, namun Heru tidak dapat menguasai rumah tersebut. Karena itu, pihaknya mengajukan permohonan eksekusi kepada PN Purwodadi.

Satu per satu perabotan milik Siti langsung dikeluarkan paksa dari rumah itu dan diungsikan sementara di rumah milik tetangganya. Tepatnya di depan rumah tersebut. Meski belum ada bayangan untuk tinggal dimana, namun Siti menolak halus niat baik Heru yang akan memberikan rumah kontrakan selama setahun. Selama proses pengosongan rumah, Siti hanya diam seribu bahasa. Ia juga enggan menemui para wartawan. Tampak dari wajahnya, Siti pasrah ketika rumah tersebut sudah tidak dapat ditempatinya lagi.

Komentar

Berita Terbaru