oleh

Bimtek Relasi KPU Blora

Berlokasi di Kyriad Hotel Cepu

Sama yang diselenggarakan di daerah lain, untuk mendongkrak partisipasi pemilih. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora mengadakan pembentukan Relawan Demokrasi (Relasi). Pembentukan tersebut dimulai dengan proses seleksi. Setelah dinyatakan lolos seleksi, Kamis (24/1/2019) kemarin, KPU Blora mengadakan bimtek para Relasi tersebut di Kyriad Hotel Cepu. Di mana, bimtek tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan para relasi ini sebelum terjun ke lapangan.

Lima orang komisioner dan kepala sekretariat KPU Kabupaten Blora memberikan materi bimtek tersebut di hadapan 55 relasi. Dengan mengenakan kemeja putih dan bawahan berwarna hitam, para Relasi ini terlihat serius mengikuti jalannya bimtek.

Ketua KPU Blora Muhammad Hamdun mengatakan, akan ada target jumlah partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen pada Pemilu 2019. Sebab itu, perlu adanya pembentukan relawan demokrasi untuk ikut mensosialisasikan informasi tentang Pemilu kepada pemilih.

“Target partisipasi pemilih untuk Pemilu 2019 nanti adalah 77,5 persen. Ini bagi kami berat. Maka dari itu, kami menggandeng beberapa elemen. Kami rekrut menjadi relawan demokrasi ini. Tujuannya untuk ikut serta dalam mensosialisasikan informasi Pemilu 2019 ke semua basis,” jelas Hamdun.

Relawan demokrasi ini dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan sosialisasi sesuai basisnya masing-masing yang telah ditentukan KPU. Seperti pada basis keluarga, pemula, pemuda perempuan, disabilitas, margina, agama, dan internet. Diharapkan adanya sosialisasi ini dapat sampai ke seluruh lapisan sehingga partisipasi pemilih dapat terpilih.

“Kami berharap agar nantinya bisa tersampaikan pesan pemilu di seluruh lapisan. Relawan demokrasi kita bagi sesuai segmen masing-masing,” katanya. Pelaksanaan bimtek ini diakhiri dengan penyerahan kaos dan rompi yang dapat dipergunakan para relawan saat terjun ke lapangan.

Komentar

Berita Terbaru