oleh

Laka Parah di Getasrejo

Terlempar 50 Meter

Pengendara kendaraan bermotor, baik itu roda empat maupun roda dua yang melintas di ruas jalan di Kabupaten Grobogan diingatkan untuk tetap menjaga keselamatan dalam berkendara. Khususnya kepada kaum muda di Kabupaten Grobogan. Belum lama, Kanit Laka Lantas Polres Grobogan Iptu Candra Bayu Septi mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi kecepatan saat berkendara di jalanan, khususnya pada saat masuk pada musim penghujan. Namun, insiden kecelakaan kembali terjadi dan merenggut nyawa anak muda berusia 19 tahun.

Insiden ini terjadi Minggu (27/1/2019) sekitar pukul 11.30 WIB di depan Gudang Jagung Riobat, Jalan Raya Purwodadi-Pati, Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan. Dari informasi yang dihimpun, kecelakaan ini melibatkan dua kendaraan bermotor. Yakni satu unit motor sport dengan plat nomor K 6951 AAF yang dikendarai Azis (19) warga Karangrejo, Kecamatan Grobogan dan satu unit mobil jenis MPV milik Hardijanto (50) warga Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi.

Iptu Candra mengatakan, kejadian ini bermula saat Azis mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan sangat tinggi dari arah utara (Grobogan) ke selatan (Purwodadi). Sesampainya di Desa Getasrejo, pengendara melewati badan jalan yang tergenang air. Diduga, tidak dapat menguasai laju kendaraan saat melintasi genangan air, motor tersebut oleng dan pengemudi terlempar mengenai bagian kolong mobil milik Hardijanto yang kebetulan sedang diparkir di bahu jalan sebelah barat.

Masyarakat yang sedang berada di sekitar lokasi kejadian langsung mendatangi mobil tersebut. Di sana, mereka menemukan pengemudi motor sport tersebut berlumuran darah di bagian wajah. Sebagian dari mereka langsung melaporkan insiden ini ke kantor polisi terdekat.

“Tadi saya lihat kencang sekali motornya. Lalu, tiba-tiba oleng. Sepertinya dia nggak tahu kalau di situ ada kubangan. Pengendaranya langsung terlempar dan mengenai bagian bawah mobil itu,” kata Takim, tukang ojek yang kebetulan sedang berhenti tak jauh dari lokasi saat kecelakaan tersebut terjadi.

Pengendara Kurang Berhati-hati

Mendapat laporan dari masyarakat, petugas Unit Laka Lantas Polres Grobogan bersama tim medis langsung menuju ke lokasi. Di sana, para petugas melakukan pemeriksaan dan olah TKP serta evakuasi terhadap pengendara.

Atas insiden ini, Iptu Candra mengatakan, kecelakaan ini terjadi karena pengendara kurang berhati-hati saat mengemudikan sepeda motornya. Di samping itu, pengendara juga tidak memperhatikan batas kecepatan yang seharusnya dilakukan saat berkendara di jalan kabupaten.

“Benar telah terjadi kecelakaan di Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan. Kronologinya, tadi motor yang dikemudikan korban dengan kecepatan tinggi dan melewati genangan air. Kemudian, korban tidak bisa menjaga keseimbangan. Akhirnya, motor jatuh dan korban terseret sampai masuk kolong mobil yang sedang diparkir. Motor terseret sejauh kurang lebih 15 meter,” tambah Iptu Candra.

Agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi, Iptu Candra terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Grobogan agar tertib saat berkendara. Khususnya saat mengemudikan kendaraan perlu diperhatikan kecepatannya. Yakni sesuai dengan batas normal yang sudah diatur dalam undang-undang.

“Itu yang seperti saya jelaskan kemarin, kecepatan pegendara itulah faktor dominan terjadinya kecelakaan,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru