oleh

Nekat Lewat Alun-alun! Truk Tronton Terperosok

Truk tronton bernopol L 9031 UB yang memuat 32 ton semen merk ternama, amblas digorong-gorong Alun-alun Purwodadi. Tepatnya di depan Kejaksaan Negeri Grobogan, Rabu (2/1/2019) sekitar pukul 22.15 WIB.

Truk yang dikemudikan Junaidi (30), warga Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang ini melaju dari arah Tuban menuju ke gudang semen tersebut di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh.

Junaidi melajukan kemudinya melewati bundaran Getasrejo, Kecamatan Grobogan. Seharusnya, sopir memutar arah dengan melewati ringroad utara, yakni Menduran menuju pertigaan Putat dan mengambil arah ke selatan. Namun, ia melihat papan rambu yang tertulis arah Solo melewati Kota Purwodadi dan berbelok kanan.

“Saya lihat rambu di depan pom bensin Getasrejo kalau disana tertulis Solo itu lurus melewati Kota Purwodadi dan belok kanan. Jadi saya ikuti arah tersebut,” kata Junaidi.

Tidak Ada Korban Jiwa

Sesampainya di perempatan Toko Laris, sopir membelokkan kemudinya ke kiri. Di sana ia sempat berhenti untuk menghubungi atasannya. Dari keterangan mandor, Junaidi melewati Alun-alun lalu belok kanan. Ia juga sempat bertanya kepada warga sekitar. Dari informasi warga, mereka mengatakan Junaidi salah jalur karena kendaraan besar dilarang melewati jalur tersebut.

Junaidi memilih pilihan pertama. Yakni arahan dari mandornya. Ia meneruskan perjalanannya. Saat berbelok ke kanan, tepatnya di depan Kejari Grobogan, truk menikung kekanan dan melindas gorong-gorong.

Akibatnya, ban bagian belakang sebelah kanan terperosok ke bawah dan ban sebelah kiri depan terangkat. Selain itu, sebagian muatan sak semen tumpah.

Warga yang mengetahui langsung melaporkannya ke Polsek Purwodadi. Laporan tersebut diteruskan ke Unit Laka Lantas Polres Grobogan.

Kasatlantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa melalui Kanit Laka Iptu Candra Bayu Septi membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, insiden ini disebabkan karena sopir truk saat membelokkan kemudinya tidak hati-hati yang berujung menabrak gorong-gorong.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, ada beberapa kerusakan yaitu kerusakan pada gorong-gorong dan juga besi pengaman sebelah kanan bagian belakang truk tersebut,” tambah Iptu Candra.

Selain itu, lanjut dia, beberapa sak semen rusak. Saat ini, KBM truk tronton tersebut sudah dievakuasi dan dibawa ke Unit Laka Lantas Polres Grobogan Jalan Bhayangkara Purwodadi. Sementara itu, sisa-sisa semen yang tumpah terlihat sudah dibersihkan, Kamis (3/2/2019) siang.

Komentar

Berita Terbaru