oleh

Pembersihan “Kim Sin” Hok An Bio

-SOSIAL-874 views

Persiapan Klenteng Hok An Bio Purwodadi

Menjelang peringatan Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019 mendatang, seluruh persiapan dilakukan umat Konghucu di seluruh Indonesia. Sejumlah klenteng juga turut berhias mempersiapkan hari raya tersebut.

Di Klenteng Hok An Bio Purwodadi, terlihat sejumlah umat bergotong royong membersihkan tempat ibadah mereka. Tidak hanya melakukan pembersihan klenteng saja. Pembersihan juga difokuskan pada Kim Sin (patung), yang merupakan tempat pemujaan bagi umat Konghucu.

Kegiatan pembersihan Kim Sin ini dilakukan Selasa (30/1/2019) sekitar pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, beberapa umat terlihat membersihkan kim sin dengan menggunakan lap.

Terbuka Untuk Umum

Dalam kepercayaan Konghucu, pembersihan terhadap patung-patung ini dilakukan setelah para dewa yang bersemayam di dalamnya naik ke atas kahyangan untuk mempertanggungjawabkan apa yang dilihatnya dari seluruh sikap dan perilaku manusia selama satu tahun ini. Adanya pembersihan ini dilakukan untuk mempersiapkan tempat bagi para dewa-dewa tersebut saat kembali ke bumi melalui patung-patung tersebut.

Pembersihan Kim Sin

Lo Cu Hok An Bio, Ine Inggeriasari, terlihat dalam kegiatan rutin tahunan itu. Pengatur persembahyangan di klenteng tersebut mengatakan, kegiatan ini sebenarnya dapat dilihat siapa saja tanpa ada perkecualian. “Untuk kegiatan ini sebenarnya terbuka untuk siapa saja,” katanya.

Senada yang dikatakan Ketua Yayasan Hok An Bio “Dewa Bumi”, Budi Wiguna. Budi menjelaskan, pihaknya membuka diri kepada masyarakat yang ingin menyaksikan rangkaian kegiatan menjelang Imlek ini. Termasuk pada saat pembersihan Kim Sin tersebut.

“Saya berharap pada tahun yang akan datang dapat disaksikan seluruh masyarakat luas. Tujuannya untuk mengakrabkan hubungan antarsesama,” jelas Budi. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru