oleh

Sosialisasi dan Pemeriksaan HIV/AIDS PSK Gunungrejo

-SOSIAL-843 views

Penyakit HIV/AIDS sangat rawan dalam penyebarannya. Terutama di wilayah lokalisasi. Hanya saja, sebagian besar masih awam mengenai penyakit tersebut. Hal inilah yang membuat Ur Kes dan Binmas Polres Grobogan mengadakan sosialisasi di lokalisasi Gunungrejo, Kecamatan Toroh.

Para PSK yang bekerja di lokalisasi tersebut awalnya tidak mau diperiksa kesehatannya. Berbagai alasan diutarakan mereka. Terutama rasa malu. Namun, perasaan tersebut akhirnya berhasil mereka lepas setelah mengetahui seluk beluk penyakit kelamin dan virus HIV/AIDS.

Tahap pertama, para PSK ini diperiksa oleh Tim Medis Polres Grobogan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah mewabahnya penyakit kelamin HIV/AIDS yang sangat rentan bagi warga lokalisasi.

“Jika ada PSK yang terindikasi suatu penyakit, kami langsung memberitahukan dan segera memberikan rujukan agar berobat ke rumah sakit segera,” kata Paur Kes Polres Grobogan Ipda Hardono, saat memimpin pemeriksaan terhadap para PSK tersebut.

Ipda Hardono mengungkapkan, pihaknya memantau kesehatan para PSK di lokalisasi dengan menggunakan pendekatan personal. Ia mengapresiasi langkah para PSK yang banyak yang ingin tahu dengan keadaan kesehatan dirinya sendiri.

“Alhamdulilah dengan pendekatan, mereka sangat antusias untuk tahu dan mau diperiksa kesehatannya,” ungkap dia.

Sementara itu, di waktu yang sama, Binmas Polres Grobogan melakukan penyuluhan mengenai kamtibmas dan narkoba. Sosialisasi ini disampaikan Kasat Binmas AKP Bambang Uwarno.

Bambang, sapaan akrabnya, meminta kepada para warga sekitar lokalisasi Gunungrejo Toroh agar tetap menjaga situasi Kamtibmas. Selain itu, warga juga diminta meningkatkan kepedulian sekaligus kewaspadaan terhadap lingkungan sekitarnya agar terhindar dari bahaya narkoba.

“Kalau terjadi gangguan Kamtibmas, kami minta segera melaporkannya ke Polsek Toroh agar segera ditangani,” imbau AKP Bambang.

Selain itu, pihak Binmas Polres Grobogan juga ikut mendukung kegiatan penyuluhan semacam ini. Bambang mengemukakan, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat Gunungrejo.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi seperti ini, para penguni lokalilsasi agar selalu memantau kesehatannya dan segera berhenti bekerja sebagai PSK. Tujuannya, supaya terhindar dari bahaya HIV AIDS,” tutup AKP Bambang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru