oleh

Unik, Pemilihan Ketua RW ini “Door to Door”

-SOSIAL-191 views


Euforia pemilihan kepala desa serentak di sebagian wilayah Kabupaten Grobogan beberapa waktu lalu telah selesai. Namun, pesta demokrasi tersebut hanya dapat dirasakan masyarakat desa saja. Masyarakat perkotaan, seperti di wilayah Kota Purwodadi tidak dapat merasakannya.

Namun, baru-baru ini sebuah pesta demokrasi di lingkungan RW terlihat berbeda dari lingkungan lainnya. Pesta tersebut berupa pemilihan ketua RW di lingkungan RW 04 Kwarungan, Kelurahan Kalongan, Kecamatan Purwodadi. Dalam pemilihannya, dibutuhkan waktu sampai tiga hari.

Tahapan tersebut dimulai dari pembentukan panitia. Dari pembentukan ini, Hary Wibowo didaulat menjadi ketua. Setelah itu, panitia melakukan pendataan KK yang tinggal di lingkungan tersebut. Proses selanjutnya yakni sosialisasi calon dan pembuatan surat suara. Setelah seluruhnya siap dilanjutkan dengan pencoblosan dan penghitungan suara.


Door to Door

Empat calon dijadikan kandidat dalam pemilihan ketua RW ini. Keempatnya yakni Wiro Subagyo (1), Rio Budi Prasetyo (2), Karyadi (3) dan Purjiyo (4).

Jika dalam pilkades maupun pilkada disediakan tempat untuk pemungutan suara. Namun, dalam pemilihan ketua RW ini tidak dilakukan di satu titik. Para panitia harus melakukan door to door ke rumah para KK. Meskipun dilakukan di dalam rumah, namun tetap dijaga kerahasiaannya.

Dijelaskan Hary, pencoblosan surat suara ini juga melakukan waktu selama tiga hari. Selain karena jumlah KK di lingkungan RW 04 ini sangat banyak. Mereka yang bekerja di luar kota tetap dapat memberikan hak suaranya.

Tahap akhir dari pemilihan ketua RW ini yaitu penghitungan suara. Tahap ini sudah dilaksanakan pada Sabtu (26/1/2019) malam. Sebelum dilakukan penghitungan suara dan pengumuman, keempat calon tersebut mengucapkan ikrar bersama yang intinya mereka siap menang dan siap kalah. Hasil penghitungan suara menentukan Rio Budi Prasetyo, calon nomor dua berhasil mendapatkan suara tertinggi. Yakni 184 suara. Sementara tiga pesaingnya, Purjiyo mendapatkan 110 suara, Wiro Subagyo 95 suara dan Karyadi 35 suara. Dengan kemenangannya tersebut, pria yang sehari-harinya berdinas di PMI Grobogan diberikan amanah menjadi ketua RW 04 Kwarungan dalam waktu tiga tahun ke depan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru