oleh

Cerita Bangkitnya Goa Lawa dan Goa Macan!

-WISATA-284 views

Sempat mengalami masa keprihatinan, akhirnya Goa Lawa dan Goa Macan bangkit dari tidur panjangnya. Kini, tempat wisata tersebut telah menjadi destinasi wisata yang unik dan pantas untuk dijual. Pasalnya, perubahan besar yang terjadi di dalam gua dinilai tidak kalah dengan Goa Gong yang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Penambahan interior yakni perpaduan keindahan stalagtit dan stalagmite dan lampu berwarna warni di dalam goa ini menandai telah bangkitnya Goa Lawa dan Goa Macan. Dengan adanya interior yang baru di goa ini, wisatawan dapat merasa nyaman saat masuk ke dalam goa ini. Hal yang sama dirasakan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat meninjau goa tersebut, Jumat (1/2/2019) kemarin.

Didampingi Sekda Grobogan Moh Soemarsono dan jajaran FKPD serta OPD Kabupaten Grobogan, Bupati berjalan menuruni anak tangga untuk masuk ke dalam goa tersebut. Saat memasuki goa tersebut, Bupati terlihat senang saat melihat perubahan nyata di dalam goa tersebut. Lampu berwarna-warni menyambut ia bersama rombongan di gua yang sebelumnya dibiarkan gelap.

wisata Goa Lawa dan Goa Macan
wisata Goa Lawa dan Goa Macan

“Tadi saya dan rombongan masuk ke dalam goa. Di dalam, saya melihatinteriornya sudah cantik dan tidak kalah dengan Goa Gong yang ada di Pacitan. Saya rasa, ini sudah patut untuk dijual,” katanya.

Meski di dalam goa telah terjadi pembenahan, namun jalur menuju ke lokasi wisata ini perlu adanya perbaikan. Sri Sumarni berharap akses menuju ke dalam goa yang tadinya licin agar dibenahi. Tak hanya itu saja, pihaknya juga meminta kepada pengelola agar akses jalur yang sempit juga ditindaklanjuti.

“Akses menuju goa tadi ‘kan jalan desa, solusinya harus diajukan menjadi jalan kabupaten. Di samping itu, jalan dalam goa juga secepatnya harus diperbaiki karena licin. Kalau perlu ada pegangannya supaya pengunjung tidak terpeleset,” harapnya.

Mantan ketua DPRD ini juga meminta kepada pengelola agar terus berupaya meningkatkan potensi pariwisata Goa Macan dan Goa Lawa ini sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi wisatawan. Sri Sumarni mencontohkan dengan menyelenggarakan beragam event yang dapat menarik minat wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisata dari luar daerah.

“Saya rasa pengelola harus menggandeng anak-anak muda. Ini ’kan anak-anak muda yang bisa diajak kerjasama. Mereka kita ajak duduk bersama supaya berperan serta meramaikan Goa Lawa dan Goa Macan ini. Kalau ramai, warga sekitar juga bisa jualan apa saja di sekitar tempat wisata ini. Dengan begitu, ekonomi mereka juga akan ikut terangkat,” pesannya.

Terpisah, Camat Grobogan Nur Nawanta menanggapi kunjungan bupati beserta rombongannya ke Goa Macan dan Goa Lawa ini. Ia menjelaskan, warga sekitar lokasi wisata Goa Macan dan Goa Lawa ini akan merasa senang terkait rencana Pemkab untuk memperbaiki jalan akses Desa Sedayu yang merupakan jalur masuk lokasi wisata tersebut dan mengubah status jalan desa ke jalan kabupaten.

“Saya merasa nantinya warga desa Sedayu akan merasa senang, terutama dengan rencana rencana perbaikan akses ke Goa Lawa ini sebab sebelumnya jalan tersebut merupakan jalan desa akan dialihkan menjadi jalan kabupaten. Apalagi wisata pendukung juga sudah siap seperti agrowisata dan air terjun gulingan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru