oleh

Detik-detik Pohon Tumbang Tertangkap Kamera

Anton Bayu (35), warga Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan, tidak menyangka jika hasil foto yang diambilnya dengan tujuan memberikan informasi kepada petugas BPBD Kabupaten Grobogan tersebut ada keanehan. Gambar tersebut merupakan detik-detik pohon jati yang tumbang melintang di badan jalan MH Thamrin, Kota Purwodadi, Jumat (8/2/2019) sekitar pukul 15.20 WIB. Pada gambar tersebut setelah diperbesar terlihat jelas api menjilat bagian ranting pohon jati tersebut.

Tidak Sengaja

“Waktu kejadian, saya mau pulang ke Pengkol setelah menjemput anak saya yang dititipkan di rumah neneknya di Purwodadi. Sampai di MH Thamrin, saya lihat ada pohon melintang di badan jalan itu. Saya langsung foto dan kirim ke teman saya yang kebetulan menjadi tim SAR di BPBD Kabupaten Grobogan. Satu saja foto yang berhasil saya ambil sebab saya sambil menyetir,” kata Anton, sapaan akrabnya.

Pohon Tumbang
Foto yang berhasil diabadikan Anton saat melintas Jalan MH Thamrin Purwodadi. Dalam lingkaran terlihat jelas percikan api yang cukup besar.

Anton mengaku tidak begitu jelas kalau gambar yang diambilnya tersebut saat di zoom terlihat ada percikan api menjilat bagian pohon tersebut. Ia baru diberi tahu temannya karena sesaat setelah mengirimkan foto tersebut, ia masih bisa nekat melewati celah di antara pohon tersebut.

“Saya tidak tahu kalau ternyata saat ambil foto, pohon tersebut dalam kondisi terbakar. Tetapi setelah saya lihat hasilnya dan saya zoom, benar ternyata ada percikan api yang cukup besar di pohon tersebut. Beruntung saat saya lewat tidak terjadi apa-apa,” katanya.

Mendapatkan informasi dari masyarakat, BPBD Grobogan langsung menerjunkan tim SAR ke lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap pohon jati tersebut. Akbar, anggota tim SAR menyatakan jika pada saat menyingkirkan pohon jati ini ditemukan adanya bekas terbakar di bagian batang. Namun, pihaknya tidak memperhatikan detail kondisi tersebut.

“Tadi waktu evakuasi, banyak kendaraan yang sudah kena macet karena pohon tumbang ini. Jadi, kita melakukan penanganan secepat mungkin. Bisa jadi, pohon ini tadi tumbang karena sambaran petir,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru