oleh

Ini Lokasi Pasar Tani Dinas Pertanian Tiap Jum’at Pagi

-WISATA-189 views

Cabe dan Bawang Merah Segar Ludes Terjual

Dua komoditas pertanian yang dihasilkan dari para petani di Kabupaten Grobogan ludes terjual di Pasar Tani, Jumat (8/2/2019). Yang berbeda dari hari biasanya, penjualan kedua komoditas ini dilakukan langsung orang nomor satu di Kabupaten Grobogan, Sri Sumarni.

“Sini saya bantu menjualkan ya, dijamin nanti jadi laris manis,” kata Sri Sumarni.

Kedatangan Sri Sumarni di samping untuk melihat dan berbelanja aneka produk pertanian lokal, ia juga mengapresiasi langkah Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan yang rutin menyelenggarakan Pasar Tani setiap hari Jumat pagi. Dimana, pasar ini digelar di depan pintu gerbang Dinas Pertanian Grobogan.

Bupati mengajak peran serta dari para pejabat OPD dan Forkopimda Grobogan yang juga datang ke pasar ini. Terlihat, Kepala Dinas Kesehatan Slamet Widodo, Kabag Perekonomian Setda Pradana Setyawan, Asisten II Ahmadi Widodo, Kabag Humas Teguh Harjokusumo, Istri Dandim 0717/Purwodadi, Ny Sinta Asman Mokoginta, serta ibu-ibu dari Persit Kartika Candra Kodim 0717/Purwodadi. Mereka ikut berbelanja cabe dan bawang merah yang baru saja dipanen dari petani lokal dengan harga murah.

Pasar Tani Jum'at Pagi
Stan sayur mayur juga ikut ludes terjual

“Tadi saya membeli cabe merah. Satu kilogram harganya Rp 10 ribu. Sedangkan untuk bawang merah, satu kilonya Rp 12.500. Lebih murah dan kualitasnya juga baik,” kata Ny Sinta yang tidak hanya membeli sayuran saja, tetapi produk-produk dari Rumah Kedelai Grobogan juga ikut diborongnya.

Dalam waktu singkat, cabe merah seberat 1 ton dan 500 kilogram bawang merah ludes terjual. Bupati menyatakan, kualitas dari cabe merah serta komoditas lokal lainnya ini lebih bagus dan masih terlihat segar. Di samping itu, ia mendorong kepada para pejabat PNS dan masyarakat agar berbelanja lagi di Pasar Tani setiap hari Jumat.

“Seluruh komoditas yang diperdagangkan di Pasar Tani ini merupakan hasil kerja keras para petani Kabupaten Grobogan. Untuk itu, saya mendorong kepada para pejabat, PNS dan masyarakat supaya belanja ke sini dalam rangka mendukung produk lokal,” imbau Sri Sumarni.

Mantan Ketua DPRD ini mengungkapkan, pasar tani ini dilaksanakan dengan banyak tujuan yakni mengenalkan potensi pertanian lokal yang dihasilkan para petani dan juga mempertemukan petani dengan kosumen secara langsung agar mendapat harga lebih murah sebab rantai tata niaga tidak panjang melalui pasar tani ini.

“Panjangnya jalur distribusi ini, berakibat pada tingginya selisih harga antara harga beli di petani dengan harga jual produk ke konsumen,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Edhie Sudaryanto mengungkapkan pasar tani ini sudah digelar sejak bulan Maret 2018. Edhie menambahkan, keberadaan pasar tani yang diadakan setiap Jumat pagi ini juga sudah mendapat respon positif dari masyarakat.

“Semua barang yang ada di sini bisa dibeli masyarakat. Jadi, pasar tani ini bukan pameran produk pertanian. Tetapi memang tempat memasarkan hasil pertanian lokal,” ungkapnya.

Di Pasar Tani ini, harga jual setiap komoditas lebih tinggi dibanding harga beli di level petani namun tetap rendah dari harga di pasaran. Karena itu, petani memperoleh penghasilan tambahan dan konsumen bisa menekan pengeluaran.

“Hal ini jelas menguntungkan konsumen sebab mereka dapat membeli lebih murah. Di sisi lain, petani juga lebih untung karena menjual lebih tinggi dibanding menjual ke pengepul. Demikian untuk komoditas lainnya juga diberlakukan seperti itu,” tambah Edhie.

Selain cabe merah dan bawang merah, aneka sayur seperti gambas, kembang kol, tempe dan tahu, sari kedelai dan berbagai macam komoditas lainnya diperjualkan di pasar ini. Masyarakat sekitar juga ikut berpartisipasi dengan berbelanja di pasar tersebut.

“Tiap hari Jumat saya sering sekali ke sini sebab harganya lebih miring, kualitasnya juga oke, dan yang penting saya bisa meminimalisir pengeluaran,” kata Ika, warga Krangganharjo Toroh, yang berbelanja aneka sayur untuk keluarganya. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Post Terbaru