oleh

Mari Membuat Taman Sederhana Didepan Rumah!

-TIPS-11.117 views

Taman Sederhana Didepan Rumah, Hunian Nampak Cantik Dan Asri

Kini makin banyak orang yang sadar mencari cara efektif untuk menambah keindahan di rumah. Dengan membuat sebuah taman sederhana di depan rumah adalah salah satu ide bagus untuk mewujudkan suasana tersebut. Taman di depan rumah, juga bisa menjadi sebuah pemandangan yang menyenangkan untuk menyambut orang yang berkunjung.

Jika rumah Anda terdapat sebuah pagar, serta jarak menuju rumah terdapat lahan yang cukup untuk membuat taman. Maka cobalah tempatkan beberapa pot bunga untuk membuatnya terlihat lebih indah.

Memiliki taman sederhana didepan rumah akan membuat hunian Anda terlihat lebih dinamis dan juga berwarna. Apalagi letaknya yang berada di depan rumah juga dapat membuat tetangga atau orang yang lewat di depan rumah menjadi ikut senang saat melihatnya. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat kami berikan agar Anda dapat mulai membuat sebuah taman di depan rumah

Sesuaikan dahulu taman dengan model rumah

Untuk dapat membuat sebuah taman sederhana yang telah direncanakan,yang mana tanaman dapat tumbuh dan terlihat harmonis. Sangatlah penting untuk mengikuti langkah ini. Menentukan konsep taman merupakan langkah awal sebelum memilih dan membeli tanaman kemudian.

Taman Sederhana Didepan Rumah

Dengan menyesuaikan model rumah, tanaman yang akan menghiasi taman untuk menciptaan efek harmonis dan manis bagi rumah Anda sangatlah penting. Sebagai contoh, bunga dengan warna hangat sangat cocok jika dipadukan dengan warna hijau terang yang sesuai untuk rumah tropis.

Sedangkan bunga berwarna pink atau ungu akan serasi dengan tanaman hijau gelap, sehingga dapat menciptakan kontras yang harmonis untuk rumah bergaya modern minimalis.

Memilih tanaman yang cocok

Ide membuat taman sederhana di depan rumah, penting menyesuaikan jenis tanaman dengan iklim yang ada. Taman dapat menciptakan keindahan nan harmonis pada rumah,  oleh sebab itu kecocokan tanaman ditaman dan iklim rumah perlu diperhatikan. Hal ini supaya rumah dan taman dapat terlihat menyatu, sehingga nampak lebih indah.

Pastikan pula pot atau letak tanaman Anda terpasang dengan rapi dan tertata sesuai konsep pembuatan taman.

Membuat taman Vertikal dan Horizontal

Konsep taman vertikal dan horizontal mempunyai pendekatan berbeda. Misalnya, membuat taman vertikal biasanya untuk rumah yang punya sedikit lahan untuk bercocok tanam. Namun jika rumah memungkinkan untuk menggabungkan kedua konsep taman itu, mengapa tidak? Hal ini tentu saja akan membuat taman di depan rumah Anda akan terlihat semakin indah dengan beberapa tanaman bunga yang berwarna-warni.

Taman Sederhana Didepan Rumah

Sebagai contoh membuat taman vertikal adalah, kita dapat menyusun dengan menempatkan beberapa papan kayu pada dinding untuk meletakkan pot-pot bunga. Sedangkan untuk keserasian warna bunga pada taman vertikal dan taman horizontal, Anda bisa berkreasi sendiri sesuai selera. Pilihlah pot bunga yang besar untuk taman horizontal.

Tetap terlihat indah dilahan sempit

Jika misalnya tidak ada cukup ruang didepan rumah untuk membuat taman sederhana sekalipun, maka ide berikut akan sangat berguna. Cobalah masukkan sepetak tanah saja pada desain pagar rumah atau halaman rumah Anda. Taman sederhana ini akan menjadi satu dari desain tersebut.

Menanam beberapa jenis bunga secara bersamaan

Taman yang berwarna-warni akan selalu menyenangkan dipandang, tapi disarankan untuk menggunakan paling banyak dua atau tiga warna saja pada awalnya. Perhatikan dulu lingkungan sekitar taman, karena pencahayaan dan warna disekitar taman akan ikut menentukan warna tanaman pada taman.

Taman Sederhana Didepan Rumah

Efek visual yang diciptakan sebuah taman yang sederhana sekalipun, akan sangat mempengaruhi nuansa yang timbul. Warna “Hangat” akan cenderung memberikan kesan nyaman, sedang warna “Dingin” akan memberi kesan taman terlihat lebih luas.

Tataletak dan dekorasi yang pas untuk sebuah taman

Sebuah taman konvensional biasanya dirancang mengikuti pola geometris dan simetris. Anda dapat menata secara tepat struktur dan sedikit ruang berjalan, sehingga akan terlihat seperti taman kota dalam ukuran yang lebih kecil. Tanaman yang digunakan dapat menggunakan dominasi warna hijau untuk memberikan nuansa hutan buatan. Ide taman seperti ini memerlukan sedikit ruang yang lebih luas.

Merubah Lantai Teras Jadi Pot Bunga

Tanaman di dalam pot cukup membantu Anda membuat taman sederhana depan rumah. Nuansa teras yang dipenuhi dengan pot berisi beberapa jenis bunga, akan merubah teras menjadi sebuah taman yang sederhana. Namun, banyaknya pot sering kali dapat mengganggu aktifitas.

Beberapa pot bunga dapat terbuat dari bahan apapun, misalnya plastik, keramik, semen, beton bahkan kayu. Bobot, jumlah dan ukuran pot pun akan menjadi pertimbangan Anda sekaligus faktor penting untuk membuat sebuah taman diteras rumah.

Solusi yang didapat untuk masalah tersebut ialah menggunakan cekungan pada teras sebagai pot tanaman Anda. Sehingga Anda tidak akan direpotkan menata beberapa pot yang mungkin ada. Cukup buatlah taman yang sederhana menjadi bagian dari teras.

Komentar

Berita Terbaru