oleh

Lomba Poskampling 2019 Polres Grobogan

Sekumpulan petugas ronda malam melakukan penangkapan seseorang yang mempunyai gerak-gerik mencurigakan. Penangkapan seorang pencuri tersebut dilakukan sebagai simulasi guna menunjukkan kesigapan masyarakat dalam menangkap pelaku serta kesiapan petugas jaga pos kamling saat melakukan pengamanan di sekitar lingkungannya.

Para petugas ronda ini juga langsung berkoordinasi terhadap pihak-pihak terkait seperti kepala desa, anggota babhinkamtibmas serta babinsa. Ketiga pilar ini merupakan pilar terdepan dalam melakukan pembinaan terhadap petugas jaga pos kamling.

Drama simulasi ini dilakukan warga RT 09 RW 15 Dusun Nanggulan, Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi, Minggu (23/3). Simulasi ini ditujukan di hadapan tim penilai lomba pos kamling yang digelar Polres Grobogan tingkat kecamatan yang masuk dalam wilayah hukumnya. Beberapa aspek menjadi kriteria penilaian lomba tersebut diantaranya, kesiapan anggota pos kamling beserta pos jaganya.

Demi Nilai Terbaik

Salah satu anggota pos tersebut, Sugeng, mengungkapkan simulasi yang dilakukannya ini dalam rangka agar mendapat nilai terbaik dalam perlombaan. “Sebelum penilaian, kita melakukan beberapa persiapan diantaranya, pengecatan ulang tembok pos ronda dan kelengkapan buku administrasi. Di sisi lain, kami juga melengkapi sarana komunikasi seperti kentongan dan lainnya,” ungkap Sugeng.

Selain simulasi penangkapan pencuri juga diadakan simulasi kesiapsiagaan petugas saat terjadi musibah kebakaran. Tujuan dari simulasi ini untuk melihat seberapa jauh kesiapan petugas jika ada insiden kebakaran di salah satu rumah warga di Desa Ngembak.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengemukakan, pengecekan atas kelengkapan pos kamling RT 09 RW 15 dinilai sudah cukup bagus. Hanya saja, masih ada kekurangan yang harus dibenahi warga. “Harapan kami, warga lebih giat melakukan pengamanan lingkungannya dengan melaksanakan kegiatan pos kamling ini.

Yang jelas, jangan sampai ronda malam itu giat hanya pada saat perlombaan saja. Namun, pelaksanaan kegiatan pos kamling ini harus dilaksanakan setiap hari dengan penuh kesadaran akan pentingnya keamanan dan ketertiban lingkungan.

Kami juga megimbau bahwa keamanan ini adalah milik bersama, jadi kegiatan pos kamling ini selain untuk menjaga keamanan lingkungan juga dipergunakan sebagai sarana silaturahmi dan tukar informasi,” jelas Kapolres.

Komentar

Berita Terbaru