oleh

Pentingnya Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Bagi Masyarakat

-TIPS-378 views

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Sebagai Kebutuhan

Dengan semakin banyaknya kendaraan atau pengguna jalan raya di Indonesia, serta masih minimnya infrastruktur serta edukasi dalam berlalulintas. Maka peristiwa kecelakaan lalulintas jalan raya, khususnya di Indonesia masih sangat tinggi.

Selain dari beberapa faktor diatas, sebuah kecelakaan juga dapat disebabkan dari beberapa kondisi. Sebagai contoh jalan dalam kondisi licin, hujan deras dan sebab – sebab lainnya.

Kecelakaan truk di Kecamatan Godong beberapa waktu lalu, yang merupakan kecelakaan karena faktor human error

Dengan melihat banyaknya berita tentang kecelakaan dalam berlalulintas di Indonesia, sehingga sangat penting sebuah asuransi khusus untuk pengguna jalan.

Dari pemerintah sendiri, telah mewajibkan bagi masyarakat untuk membayar iuran asuransi yang telah dijadikan satu paket saat membayar pajak kendaraan. Asuransi itu adalah asuransi jasa raharja atau JR , yang dituangkan langsung dalam aturan pemerintah sebagai bentuk perlindungan bagi para pengguna alat transportasi.

Untuk itu edukasi dan juga sosialisasi kepada masyarakat amatlah penting, tentang fungsi utama dari asuransi jasa raharja ini. Besaran satunan yang diberikan kepada korban kecelakaan lalulintaspun, juga disesuaikan dengan kondisi yang diderita.

Semua korban kecelakaan alat transportasi yang membayar iuran pajak ke negara baik darat , laut maupun udara berhak mendapatkan asuransi jasa raharja ini.

Untuk informasi kepengurusan asuransi jasa raharja sendiri dapat dilihat langsung melalui website resminya, bahkan kini telah disediakan formulir pengajuan santunan yang dapat di isi secara online.

Adanya asuransi ini tentunya akan sedikit banyak membantu korban kecelakaan lalulintas dengan besaran santunan yang diberikan. Namun bukan berarti saat berkendara kita tidak berhati-hati karena adanya asuransi ini. Karena bagaimanapun juga semua biaya pengobatan atau santunan yang diberikan dapat menganti cacat atau kehilangan yang diderita.

Asuransi ini hanya sebagai bentuk layanan pemerintah kepada masyarakat, karena telah tertib dalam melaksanakan peraturan pemerintah yaitu untuk membayar pajak kendaraan. Proses klaim asuransi JR ini memerlukan data – data yang lengkap dari para korban. Santunan asuransi jasa raharja juga tidak mencakup kerusakan pada kendaraan yang digunakan oleh korban.

Minibus Terguling di Wirosari

Untuk itu walaupun telah ada jaminan santunan dari asuransi kecelakaan jasa raharja yang otomatis kita dapatkan. Namun kesadaran serta keselamatan untuk tetap mentaati peraturan dalam berlalulintas, haruslah selalu kita jalankan.

Ingatlah bahwa keselamatan berkendara adalah prioritas utama dalam berlalulintas.  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru