oleh

Tari Barong Di Komplek Candi Joglo Purwodadi

-WISATA-154 views

Untuk Menyambut Wisatawan

Ratusan siswa PAUD dan TK yang sedang mengikuti Kunjungan Edukasi ke Candi Joglo Purwodadi terlihat antusias saat menyaksikan pertunjukan tari Barong. Tarian khas Pulau Bali ini membuat para siswa sempat ketakutan saat sosok kera dan barong berjalan ke area pelataran candi tersebut dimana mereka tengah berada di sana.

Terlihat para siswa PAUD dan TK dari sejumlah sekolahan yang ada di Kabupaten Grobogan sangat menikmati tarian tersebut. Sesekali mereka berteriak ketakutan saat penari yang memerankan lakon monyet mendekati para siswa tersebut. Bahkan, para orang tua dan guru yang mendampingi mereka ikut menikmati momen tersebut dengan mengabadikannya melalui kamera ponsel.

Putri, salah satu siswi, terlihat menangis dan meminta gendong kepada ibunya yang kebetulan ikut dalam field trip tersebut. Permintaan Putri kepada ibunya lantaran ia takut melihat sosok pemeran monyet dalam tarian tersebut.

“Anaknya takut lihat monyet. Tetapi saya senang akhirnya setelah diberikan pengertian dia mau menikmatinya,” kata Puji, ibunya.

Pertunjukkan tarian Barong ini diselenggarakan Kamis (28/2). Biasanya, pertunjukan serupa diselenggarakan setiap Hari Minggu atau hari libur nasional. Namun, pertunjukan ini dilaksanakan hari biasa bertepatan dengan kunjungan edukasi tersebut. Hal ini dibenarkan Muhadi, pengelola Candi Joglo Purwodadi.

Khusus hari itu, tarian ini dipertunjukkan untuk menyambut wisatawan peserta kunjungan edukasi ini. Muhadi juga menjelaskan, pertunjukan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan kepada para siswa sejak dini mengenai budaya nusantara. “Ini merupakan salah satu budaya nusantara yang kami tampilkan di Candi Joglo ini. Pertunjukkan Tari Barong ini dilakukan anak-anak yang kami latih di sanggar Candi Joglo. Tidak hanya pada saat event kunjungan edukasi saja. Kegiatan ini juga dilakukan setiap hari Minggu dimana kita adakan pagelaran seni budaya nusantara. Bahkan, saat malam bulan purnama, masyarakat bisa datang ke Candi Joglo untuk menikmati program hiburan berupa budaya nusantara di tempat kami,” tutupnya.

Berita Populer:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru