oleh

Ketua PBNU : Jangan Mudah Mengatakan Bit’ah

Tabligh Akbar Bersholawat Mapolres Grobogan

Dua hari yang lalu, tepatnya Kamis (11/4) malam, Polres Grobogan mengadakan Tabligh Akbar Bersholawat. Bertempat di halaman belakang Mapolres, Jalan Gajahmada Purwodadi, ribuan jamaah datang menghadiri kegiatan tersebut.

Meski hujan deras mengguyur saat menjelang acara, namun tidak mengurungkan niat para jamaah untuk datang. Hadir juga dalam kegiatan ini, jajaran FKPD Kabupaten Grobogan, Da’i Kamtibmas, serta tamu undangan lainnya.

Tamu teristimewa dalam tabligh akbar bersholawat yakni Ketua PBNU Said Aqil Siraj. Kehadiran Said untuk memberikan tausiyah kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini.

Dalam tausiyahnya, Said menyampaikan tentang nasionalisme dan agama yang harus bersatu dan tidak dapat dipisahkan. Said juga meminta agar tetap saling bergandeng tangan agar tidak terjadi perpecahan di dalam negeri.

“Jangan mudah mengatakan bit’ah atau mengkafirkan orang lain. Belum tentu apa yang mereka kerjakan itu salah dan juga belum tentu yang kita kerjakan itu benar. Untuk itu, perlu mempererat ukhuwah islamiyah supaya tetap terjaga kerukunan dalam umat beragama,” kata Said Aqil.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar tidak boleh ada permusuhan karena perbedaan agama, madzhab, atau keyakinan kecuali bagi mereka yang melanggar hukum. Said Aqil juga meminta agar selalu mengutamakan humanism pendekatan secara halus sebab Islam selalu mengajarkan jalan perdamaian.

“Ulama mengajarkan dalam penyebaran Islam di Indonesia. Dulunya, mereka mencampurkan budaya pribumi dengan agama. Itu menjadi pedoman kita dalam menjalani kehidupan. Jangan pernah berperilaku keras karena justru akan semakin ditolak di negeri ini,” ucap Said.

Sementara itu Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Tabligh Akbar Bersholawat guna memperingati Maulid Nabi SAW dan menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Pihaknya berharap dapat tercipta situasi kondusif di wilayah Kabupaten Grobogan.

“Kami berharap dapat tercipta situasi Kamtibmas yang aman, damai, dan sejuk di seluruh wilayah hukum Polres Grobogan. Baik sebelum, pada saat dan pascapelaksanaan pemilu presiden dan legislatif tahun 2019,” ungkap Choiron.

Komentar

Berita Terbaru