oleh

Rp 30jt Ludes Dilalap Api

Diduga Hubungan Arus Pendek Listrik

Insiden kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Grobogan. Kali ini musibah tersebut terjadi di Desa Winong, Kecamatan Penawangan, Jumat (26/4) kemarin. Penyebab dari kebakaran ini diduga dari adanya hubungan arus pendek listrik alias konsleting listrik.

Musibah tersebut terjadi sekitar pukul 15.50 WIB dan menimpa rumah Ali Mahmud (61) warga Desa Winong RT 02 RW 01 yang berprofesi sebagai petani. Saat kejadian, ia dan istrinya tengah menggarap sawah yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka. Peristiwa ini diketahui kali pertama oleh tetangganya, M Sabar (39).

Dari informasi yang dihimpun, Sabar mendengar ledakan bambu yang berpusat dari rumah korban. Saat itu, Sabar tengah berada di dalam rumahnya segera berlari keluar. Saat itu, ia melihat kepulan asap keluar dari sebelah ruang dapur rumah Ali. Kepulan asap tersebut semakin membumbung tinggi, Sabar langsung berteriak minta tolong.

Teriakan tersebut memancing warga setempat mendatangi rumah Ali. Saat itu, api sudah mulai membesar. Mereka langsung berbondong-bondong memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sebagian lagi datang menghampiri Ali yang tengah berada di sawah untuk memberitahukan peristiwa kebakaran tersebut.

Mendapatkan informasi dari tetangganya, Ali dan istrinya langsung menuju ke rumahnya. Malang tak dapat ditolak, sebagian rumah yang dihuninya bertahun-tahun itu ludes terbakar.

Peristiwa kebakaran ini kemudian dilaporkan ke Kepala Desa Winong, Enik Kristiana (48). Pihaknya langsung melaporkannya ke Polsek Penawangan dan Damkar Kabupaten Grobogan.

Tidak lama, armada pemadam kebakaran sampai di TKP dan langsung melakukan pemadaman api bersama warga setempat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 30 juta.

Kapolsek Penawangan, AKP Sapto menjelaskan, penyebab kebakaran ini diduga dari konsleting listrik. Pihaknya langsung mengimbau kepada masyarakat agar memeriksa kondisi rumah saat hendak beraktivitas di luar rumah.

“Kami dari Polsek Penawangan mengimbau kepada masyarakat agar ada saat meninggalkan rumah harus memeriksa peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik lebih dulu. Lakukan pengecekan jika ada peralatan yang masih hidup dan terkoneksi arus listrik atau sumber api agar dimatikan sementara supaya tidak terjadi hal-hal yang membahayakan seperti insiden ini. Kemudian, dalam pemasangan instalasi listrik diharapkan supaya memasangnya dengan peralatan listrik yang sudah sesuai standar,” ujar Sapto.

Komentar

Berita Terbaru