oleh

Viral! Desa Wisata Terbaru Di Kabupaten Grobogan

Diresmikan Oleh Bupati

Pemberdayaan masyarakat dibidang kepariwisataan terus bergeliat di wilayah Kabupaten Grobogan. Setelah sebelumnya telah muncul berbagai destinasi berkonsep Desa Wisata, seperti Candi Joglo di Krangganharjo dan Rumah Fosil di Banjarejo, Kecamatan Gabus.

Kemarin, tepatnya hari rabu Rabu (10/4) Bupati Grobogan kembali meresmikan desa wisata baru yakni De Bale Cengkrong yang berlokasi di kompleks Kantor Desa Cengkrong, Kecamatan Purwodadi.

Terbentuknya desa wisaya De Bale Cengkrong ini merupakan gagasan Kepala Desa Cengkrong, Jasmi. Gagasan tersebut berupa pembentukan desa wisata dengan thema wahana edukasi bagi masyarakat.

Peresmian tempat wisata ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pemotongan pita di pintu masuk tempat wisata tersebut. Tiga unit gubuk beratap jerami diletakkan di pinggiran danau buatan menyambut kedatangan para tamu. Pada saung pertama, Bupati disambut lagu “Caping Gunung” yang dinyanyikan anak-anak dari sanggar karawitan milik Suyadi.

Desa Wisata De Bale Cengkrong
Bupati Grobogan Sri Sumarni memotong pita tanda diresmikannya desa wisata De Bale Cengkrong, Rabu (10/4).

Wahana lain yang memunculkan ketertarikan pengunjung adalah becak air. Becak tersebut disewakan dengan rute mengitari areal danau buatan yang berada di tengah tempat wisata tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Kades Cengkrong, Jasmi mencoba menaiki wahana tersebut. Terlihat, keduanya bersemangat mengayuh pedal becak. Sementara di becak air lainnya ditumpangi Sekda Grobogan Moh Soemarsono dan juga Asisten I Muhammad Hidayat.

Bupati Sri Sumarni dalam sambutannya mengapresiasi gagasan Kades Cengkrong, Jasmi. Pihaknya menyatakan yang dilakukan Jasi merupakan wujud pemberdayaan ekonomi kepada masyarakatnya melalui desa wisata ini. Sri Sumarni juga menjelaskan, adanya tempat wisata baru di Kecamatan Purwodadi ini sekaligus menambah destinasi wisata di Kabupaten Grobogan.

“Strategi untuk mengembangkan destinasi pariwisata melalui optimalisasi potensi desa sangat tepat. Karena hal itu dapat mengurangi kesenjangan antara desa dan kota. Saat ini, infrastruktur yang ada di Kabupaten Grobogan diperbaiki untuk kepentingan pariwisata,” kata Sri Sumarni

Berita Populer:

Komentar

Berita Terbaru