oleh

Aplikasi Bagi Pelaku Usaha di Grobogan

-WIRASWATA-37 views

Aplikasi Pemasaran Berbasis Teknologi, Bentuk Dukungan Pemkab Bagi Pelaku Usaha

Pemkab Grobogan berencana melakukan alternatif untuk memudahkan para pelaku ekonomi dan UMKM dalam memasarkan produk mereka. Terutama para pelaku usaha di bidang makanan dan minuman. Solusi tersebut digagas dalam bentuk perencanaan pembuatan aplikasi pemasaran berbasis digital berlabel “Go UMKM”. Hal tersebut seperti dipaparkan Kabag Perekonomian Setda Grobogan Pradana Setiawan.

Pria yang akrab disapa Danis ini menjelaskan, di dalam aplikasi ini terdapat produk-produk pelaku ekonomi kreatif dan UMKM yang ada di Kabupaten Grobogan. Menurut Danis, saat ini ada 32.055 UMKM yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Grobogan.

“Pemkab Grobogan akan membantu pemasaran produk pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dengan membuat sebuah aplikasi yang kita beri label ‘Go UMKM Grobogan’. Jumlah pelaku usaha di Kabupaten Grobogan sampai saat ini terdiri dari 30.565 usaha mikro, 1.344 usaha kecil dan 156 usaha menengah. Perkembangannya juga dinilai cukup bagus,” ujar Danis.

Meski pelaku ekonomi kreatif dan UMKM saat ini terus bertambah, masalah klasik masih dialami para pengusaha. Masalah tersebut yaitu pemasarannya. Mereka kesulitan memasarkan produk buatannya. Sejauh ini, mereka hanya mengandalkan pameran-pameran baik kelas lokal maupun nasional.

“Jika selama ini masih banyak pelaku usaha yang memasarkan produknya secara tradisional, maka memang diperlukan terobosan baru agar pengusaha dapat memasarkan produknya dengan cara-cara yang lain dari biasanya. Salah satu solusinya adalah membuat aplikasi pemasaran digital untuk memasarkan produk yang dihasilkan para pelaku UMKM ini,” tambah ayah tiga anak ini.

Sistem pemasaran ini memanfaatkan sistem startup, marketplace dan website berbasis teknologi informasi. Dengan adanya teknologi baru ini, para pelaku UMKM dapat mempergunakannya sebagai alternatif mendapat pemasaran yang lebih luas.

“Sebelum aplikasi ini diluncurkan, kita melakukan serangkaian sosialisasi kepada pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Grobogan terkait rencana pembuatan aplikasi pemasaran digital ‘Go UMKM Grobogan’ sehingga nantinya para pelaku usaha dapat mempersiapkannya lebih dulu,” tutup Danis. (Hana)

Komentar

Berita Terbaru